Ekspansi Bisnis, Kaesang Pangarep Luncurkan "Ternak Kopi"

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep melakukan ekspansi bisnisnya. Ini dia bisnisnya

Ekspansi Bisnis, Kaesang Pangarep Luncurkan
Instagram/@kaesangp
Jokowi menyayangkan bisnis kuliner milik anaknya, Kaesang Pangarep, bernama Sang Pisang, belum merambah sampai Singapura. 

Ekspansi Bisnis, Kaesang Pangarep Luncurkan "Ternak Kopi

POS-KUPANG.COM- Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep melakukan ekspansi bisnisnya.

Setelah terjun ke bisnis pisang goreng yang dinamakan 'Sang Pisang dan bisnis pakaian 'Sang Javas', kini Kaesang merambah ke bisnis kedai kopi yang dinamai 'Ternak Kopi'.

Pria yang masih berusia 24 tahun ini membuka kedai kopi pertamanya di kawasan Cipayung, Jakarta Timur pada Sabtu (6/4/2019).

"Jadi saya tuh latihan jadi barista di salah satu sekolah di Jakarta. Setelah itu saya punya mimpi pengin buka toko kopi saya sendiri. Itu sudah sejak setahun yang lalu. Saya buka ini itu butuh sekitar satu tahun," ujar Kaesang saat pembukaan 'Ternak Kopi'.

Ini Alasan Kaesang Terjun ke Bisnis Kopi

Kedai kopi milik Kaesang sendiri tak seperti kafe kopi pada umumnya. Kedai kopi milik putra orang nomor satu di Indonesia ini hanya berupa kontainer yang sudah di modifikasi.

Kemasan kopinya pun berbeda. Kopi yang dijual Ternak Kopi ini dikemas ke dalam sebuah botol plastik. "Karena sebenarnya kita jual konsepnya take away.

Nah sebenarnya ini tuh kemasan sementara kami. Mungkin 3-4 bulan lagi kita ganti dengan yang ramah lingkungan," kata Kaesang. Kaesang pun mengaku ada beberapa varian yang dia racik sendiri.

Dia pun pernah kursus menjadi barista sebelum memulai usahanya ini. "Saya yang mendevelop beberapa rasa. Saya dari awal mendevelop empat (rasa) dan barista saya mendevelop sisanya," ucap dia.

Adapun kopi yang diracik Kaesang sendiri terdiri dari rasa original, gula jawa, hazelnut, dan karamel. Varian lainnya yang ditawarkan Ternak Kopi, yakni kopi taro, green tea, vanila, mint, cokelat dan alpukat.

7 Ide Bisnis Menguntungkan yang Bisa dijalankan Ibu Rumah Tangga

Harga yang dipatok Kaesang untuk satu botol kopinya seharga Rp 20.000. "Sebenarnya kopi di tempat kami lebih ramah dengan lambung. Tapi kalau minumnya 5 ya sama saja. Namanya kopi enggak boleh kebanyakan juga. Ada rasa yang beda (dengan kopi lainnya). Satu lagi (yang beda) aromanya, karena campurannya yang bikin begitu aromanya (beda)," ucap dia.

Kaesang mengaku bisnisnya ini didukung oleh Jokowi. Menurut dia, Jokowi suka dengan kopi hasil racikannya. "Siapa lagi tester saya kalau di rumah kalau bukan bapak (Jokowi). Favoritnya bapak yang gula jawa," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ekspansi Bisnis, Kaesang Pangarep Luncurkan "Ternak Kopi

Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved