Caleg yang Diduga Menjanjikan Rumah Terancam 2 Tahun Penjara

Waduh, caleg yang menjanjika rumah di Insana, Kabupaten TTU terancam pidana dua tahun penjara

Caleg yang Diduga Menjanjikan Rumah Terancam 2 Tahun Penjara
POS-KUPANG.COM/ Thomas Mbenu Nulangi
Koordinator Revisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu TTU Nonato Sarmento. 

Caleg yang Diduga Menjanjikan Rumah Terancam 2 Tahun Penjara

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU- Seorang caleg di daerah pemilihan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang diadukan ke Bawaslu beberapa waktu lalu lantaran diduga menjanjikan rumah kepada masyarakat diancam dengan pidana penjara selama dua tahun.

Selain itu, jika nantinya terbukti memenuhi unsur dugaan pelanggaran pemilu, maka oknum caleg tersebut juga akan didenda dengan uang paling banyak Rp. 24 juta.

Hal itu disampaikan oleh Koordinator Devisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu TTU Nonato Sarmento kepada Pos Kupang belum lama ini di Hotel Victory II.

KPU Ngada Ajak Pemilih Gunakan Hak Pilih Saat Pilnas 17 April 2019

Sarmento mengatakan, pidana penjara dan denda yang akan dijalani dan ditanggung oleh oknum caleg tersebut sudah sesuai dengan Pasal 523 ayat 1 Undang- undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum.

"Kalo memenuhi unsur dugaan pelanggaran maka dapat diberikan sanksi pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak 24 juta," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang caleg di daerah pemilihan Insana, Kabupaten TTU diadukan ke Bawaslu. setempat. Caleg tersebut dilakukan ke Bawaslu Kabupaten TTU lantaran diduga menjanjikan rumah bagi masyarakat jika nanti dirinya terpilih menjadi salah seorang anggota DPR.

Panwascam Kota Raja Gelar Pembekalan Saksi

Karena menjanjikan rumah jika nantinya terpilih menjadi salah satu anggota DPR, maka masyarakat melaporkan kejadian tersebut kepada Bawaslu Kabupaten TTU. (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved