Pemerintah Perlu Perbanyak Event Di Kelimutu

Pemerintah Kabupaten Ende harus memperbanyak event di Kelimutu jika ingin Kelimutu tetap menjadi daya tarik wisatawan

Pemerintah Perlu Perbanyak Event Di Kelimutu
POS KUPANG/DOK
Danau Kelimutu berubah warna 

Pemerintah Perlu Perbanyak Event Di Kelimutu

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius

POS-KUPANG.COM | ENDE- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende dalam hal ini Dinas Pariwisata sebagai sektor terdepan dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Ende perlu memperbanyak event atau jenis kegiatan di kawasan Danau Kelimutu.

Dengan demikian keberadaan Danau Kelimutu tetap menjadi magnet bagi para wisatawan terutama wisatawan mancanegara untuk datang ke Kelimutu.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia Kabupaten Ende, Celly Taso mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Jumat (5/4/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai upaya untuk meningkatkan keberadaan Danau Kelimutu agar tetap menjadi obyek wisata yang menarik bagi para wisatawan.

Ini Tujuan Penulisan Buku Manusia dan Budaya Di Sekililing Taman Nasional Kelimutu

Celly mengatakan bahwa sejauh ini belum terlalu banyak event yang digelar di Kelimutu sehingga dengan demikian belum banyak wisatawan yang datang ke Kelimutu terutama untuk wisatawan mancanegara.

Celly mengatakan usul konkrit dari diriya selaku Ketua Asita Kabupaten Ende diharapkan kepada pemerintah agar menggandeng para pelaku wisata terutama biro-biro perjalaan wisata di Kabupaten Ende untuk mendatangkan para wisatawan ke Kelimutu.

Sehingga dengan demikian akan semakin banyak wisatawan yang datang ke Kelimutu utamanya wisatawan mancanegara maka akan memberikan dampak yang siginifikan bagi pengembangan ekonomi masyarakat maupun bagi Pemda Ende itu sendiri.

TN Kelimutu Luncurkan Buku Tentang Kelimutu

Celly mengatakan bahwa sejauh ini pemerintah kurang melibatkan para agen ataupun biro perjalanan wisata dalam pengembangan Kelimutu dan kalau ada hanya sebatas rapat-rapat biasa saja tanpa ada tindakan konkrit dalam pengembangan pariwisata di Kelimutu sehingga dengan demikian keberadaan Kelimutu dari hari ke hari tetap stagan tanpa ada hal yang signifikan untuk peningkatan ekonomi masyarakat di sekitarnya ataupun Kabupaten Ende secara umum.

Selain itu ada hal yang juga harus diperhatikan adalah soal promosi yang hanya melibatkan Dinas Pariwisata dengan mengabaikan keberadaan para agen atau biro perjalanan wisata.

“Kalau ada pameran pariwisata diluar daerah semestinya melibatkan biro perjalanan wisata karena ketika ada yang berminat untuk mengunjungi Kelimutu secara tehknis langsung diambil alih oleh biro pariwasata yang ada,”kata Celly.

Bukan Peristiwa Biasa Danau Kelimutu Berubah Warna, Ini Yang Akan Terjadi di Indonesia

Yang terjadi selama ini ujar Celly, Dinas Pariwisata Kabupaten Ende ketika mengadakan promosi pariwisata keluar daerah hanya mereka sendiri yang berangkat maka ketika ada orang atau wisatawan yang hendak berkunjung ke Kelimutu yang dikasih hanya brosur tanpa ada tindak lanjut atau aksi nyata.

Menurut Celly keberadaan Kelimutu sebagai icon pariwisata Kabupaten Ende yang telah mendunia masih bisa diberdayakan agar keberadaannya tidak sekedar menjadi icon semata namun juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitarya dan juga Kabupaten Ende secara umum bahkan NTT.

Yang terpenting adalah adanya kemauan bersama dari semua pihak terutama pemerintah selaku sektor terdepan dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Ende,ujar Celly. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved