Dikagumi Jokowi, Stadion Papua Bangkit Rampung Mei 2019

Presiden Joko Widodo kagum melihat kemegahan Stadion Papua Bangkit yang ada di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur

Dikagumi Jokowi, Stadion Papua Bangkit Rampung Mei 2019
KOMPAS.com/Dhias Suwandi
Tampak dari depan, proses pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua (4/04/2019) 

POS-KUPANG.COM | JAYAPURA - Presiden Joko Widodo kagum melihat kemegahan Stadion Papua Bangkit yang ada di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua.

Jokowi menengok stadion tersebut pada 1 April 2019 di sela kunjungannya menemui korban bencana banjir bandang Sentani. Saat itu, Jokowi yang sedang menuju Swissbel Hotel, Kota Jayapura, secara mendadak berhenti untuk meninjau Stadion Papua Bangkit.

Walau sudah membuat Jokowi kagum, stadion tersebut ternyata belum rampung 100 persen karena proses pengerjaan lintasan larinya masih berlangsung.

Begini Cara Wali Kota Makassar Tertibkan PKL Tanpa Konflik

"Stadion Papua Bangkit sudah 99,2 persen. Kita terganggu di curah hujan yang sangat tinggi. Itu sangat mengganggu untuk pemasangan lintasan. Kemarin saat Presiden tinjau saja mendung. Itu kalau habis diaspal harus dapat panas alami sampai tiga jam, pemanasan secara alami," ujar Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Daud Ngabalin, di kantor Gubernur Papua, Kamis (4/04/2019).

Stadion Papua Bangkit, terang Ngabalin, dibangun diatas tanah seluas 13 hektar dan murni dibiayai oleh APBD Papua sebesar Rp 1,3 triliun.

Merasa Diperas, Istri Pengusaha Batam Polisikan Selingkuhannya

Pembangunan stadion berkapasitas 45.000 orang tersebut dimulai sejak akhir 2016 dan diproyeksi rampung pada April 2019. Untuk menyelesaikan pekerjaan lintasan, PT PP (Persero) sebagai kontraktor pembangun, harus mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri.

"Nanti akan ada empat tenaga ahli dari luar, dari Korea Selatan 1 orang, India 1 orang dan dari Tiongkok 2 orang. Kalau curah hujan tidak tinggi, harusnya April ini sudah selesai. Tapi dengan curah hujan seperti ini pasti selesainya Mei 2019," ucap Ngabalin.

Sebagai informasi, Stadion Papua Bangkit dibangun khusus untuk pembukaan PON XX 2020 di Papua. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved