GP Ansor Deklarasi Gerakan 'Rabu Putih' Saat Pemilu

Gerakan Pemuda (GP) Ansor NTT mendeklarasi gerakan 'Rabu Putih' pada saat pesta demokrasi pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

GP Ansor Deklarasi Gerakan 'Rabu Putih' Saat Pemilu
POS KUPANG.COM/Ricko Wawo/
Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor NTT, Abdul Muis APS (duduk kedua dari kanan) memberikan keterangan saat gelar jumpa pers di Sekretariat Bersama NU, Kelapa Lima, Kota Kupang, Minggu (31/3/2019). 

GP Ansor Deklarasi Gerakan 'Rabu Putih' Saat Pemilu

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ricko Wawo

POS-KUPANG.COM-KUPANG- Gerakan Pemuda (GP) Ansor NTT mendeklarasi gerakan 'Rabu Putih' pada saat pesta demokrasi pemungutan suara 17 April 2019 mendatang.

Gerakan yang sudah dicetuskan secara nasional ini mewajibkan semua kader GP Ansor dan Banser NU di NTT memenuhi semua tempat pemungutan suara yang ada dengan mengenakan pakaian berwarna putih.

Kehadiran mereka di TPS dengan pakaian serba putih merupakan simbol dan ajakan kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilih secara aman, damai, tanpa intimidasi dan bebas.

Hati-Hati! Bawaslu Bisa Membatalkan Calon dari Peserta Pemilu

Deklarasi Rabu Putih ini dipimpin langsung oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat melalui Asisten 1 Setda Provinsi NTT yang juga sekaligus menjabat sebagai Ketua PWNU NTT, Jamaludin Ahmad dan dihadiri langsung oleh Danrem 161 Wirasakti Kupang, Syaiful Rahman, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) NTT, Abdul Kadir Makarim, Ketua Gerakan Pemuda Ansor NTT, Abdul Muis APS, dan segenap jajaran majelis taklim dan GP Ansor dan Banser NU di NTT.

"Siapapun presidennya tugas NU sukseskan pemilihan umum. Saya tekankan GP Ansor tidak berafiliasi dengan partai politik apa pun. Secara politik Ansor tidak tidak kemana-mana tapi Ansor ada di mana mana," tegas Abdul Muis APS selaku Ketua GP Ansor NTT di lokasi deklarasi Aula Asrama Haji, Oebufu, Kota Kupang, Senin (1/4/2019) malam.

Deklarasi Rabu Putih ini bertepatan dengan peringatan hari lahir NU ke-96 dan Harlah GP Ansor ke-84 yang puncaknya jatuh pada 25 April 2019.

Masyarakat Diminta Laporkan Pelanggaran ke Bawaslu

Dalam sambutannya, Abdul Muis mengatakan GP Ansor punya komitmen menjaga kemajemukan dan tradisi-tradisi bangsa. Ia mengajak semua kader Ansor mendukung terlaksananya pemilu yang aman, tanpa hoax, tanpa golput dan tanpa SARA

Sementara itu, Danrem 161 Wirasakti Brigjen TNI Syaiful Rahman mengaku senang berada di antara para pemuda Ansor.
"Saya juga sangat hargai para senior, sesepuh, ulama. Saya ajak seluruh anggota GP Ansor untuk jadikan tauladan para senior dan sesepuh," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Ricardus Wawo
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved