Ditanya Persiapan Debat Keempat, Begini Jawaban Jokowi

Ditanya persiapan menghadapi debat keempat, begini jawaban Joko Widodo

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). 

Ditanya persiapan menghadapi debat keempat, begini jawaban Joko Widodo

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengaku, tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi debat keempat, Sabtu (30/3/2019) ini.

Saat ditanya mengenai kesiapan debat keempat yang mengangkat tema, ''ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional,'' ia berkelakar, ''persiapannya ya tadi, makan nasi padang''. "Ya debat, dijawab saja," tambah Jokowi.

Kementan Musnahkan 6,1 Ton Benih Jagung Asal India

Sabtu siang, Jokowi santap siang di rumah makan minang/melayu Garuda di bilangan Sabang, Jakarta Pusat. Ia mengajak sang istri Iriana Jokowi dan putrinya Kahiyang Ayu.

Kahiyang datang bersama sang suami, Bobby Afif Nasution serta menggendong anak, Sedah Mirah Nasution. Jokowi mengatakan, yang akan disampaikan pada saat debat keempat nanti adalah apa yang telah dikerjakannya selama empat setengah tahun terakhir menjadi presiden. ''Yang sudah harian kita kerjakan saja,'' ujar Jokowi.

Debat Keempat, Jokowi dan Prabowo Diingatkan Tak Keluar dari Tema

Debat akan diselenggarakan di Hotel Shangri La, Jakarta. Media penyelenggara debat antara alain Metro TV, SCTV, dan Indosiar. Debat akan dibagi dalam enam segmen dengan alokasi waktu total 120 menit.

Segmen pertama adalah pemaparan visi-misi kedua capres. Masing-masing capres diberi waktu empat menit untuk menyampaikan visi-misi mereka.

Berdasar kesepakatan antara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Jokowi akan lebih dulu menyampaikan visi-misi, dilanjutkan dengan Prabowo.

Pada segmen kedua, Jokowi dan Prabowo akan menjawab pertanyaan seputar tema ideologi dan pemerintahan. Pertanyaan disusun para panelis dan disampaikan oleh moderator.

Masing-masing diberi waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan. Keduanya juga diberi waktu 1,5 menit untuk saling menanggapi jawaban.

Pada segmen ketiga, peserta akan diminta menjawab pertanyaan seputar pertahanan, keamanan, dan pemerintahan. Pertanyaan disusun para panelis dan disampaikan moderator.

Alokasi waktu menjawab dan memberi tanggapan sama dengan segmen kedua. Segmen keempat dan kelima merupakan debat bebas. Kedua capres boleh saling melempar pertanyaan dan menanggapi.

Pada segmen keenam atau terakhir, Jokowi dan Prabowo akan diminta untuk memberikan pernyataan penutup. Masing-masing diberi waktu dua menit. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved