Pemadaman Saat UNBK, 1 komputer Server dan 6 komputer Jadi Korban

Akibat pemadaman listrik yang terjadi tiga hari beruntun sejak Senin hingga Rabu, satu komputer server dan 6 komputer peserta UNBK rusak.

Pemadaman Saat UNBK, 1 komputer Server dan 6 komputer Jadi Korban
POS KUPANG/DION
Ketua MKKS SMK Kabupaten TTS, Bernadus Na'atonis.

Pemadaman Saat UNBK, 1 komputer Server dan 6 komputer Jadi Korban

POS-KUPANG.COM| SOE-- Akibat pemadaman listrik yang terjadi tiga hari beruntun sejak Senin hingga Rabu, satu komputer server dan 6 komputer peserta UNBK rusak.

SMK Negeri 1 Soe menderita paling banyak kerugian. Pasalnya satu unit komputer server dan tiga unit komputer pelaksana rusak ( power suplai jebol) akibat pemadaman listrik tanpa pemberitahuan.

SMK Kristen Niki-Niki, juga mengalami kerusakan dua unit komputernya. Sedangkan satu komputer lainnya yang rusak akibat pemadaman listrik adalah milik SMK Negeri Kualin.

Kepala SMK Negeri 1 Soe, Antonius Peka yang ditemui pos Kupang Kamis (28/3/2019) mengaku, kecewa terhadap kinerja PLN dalam menyukseskan program nasional UNBK.

Ia mengatakan, pemadaman yang terjadi sangat mengganggu penyelenggara UNBK.

Menteri Pertahanan Bersalah dalam Kejahatan Perang

Ini Pengakuan Carles Puyol - Gerard Pique Bek Terbaik di Dunia

17 Manfaat Air Putih Saat Berbuka Puasa

Selain menyebabkan fasilitas komputer rusak, pemadaman yang dilakukan hingga berjam-jam sangat menganggu psikologi para peserta UNBK.

"Saya kecewa berat dengan. Kinerja PLN, percuma kita MoU kalau kinerjanya seperti ini. UNBK ini program nasional yang sudah direncanakan, kok masih bisa ada pemadaman hingga berjam-jam. Kami rugi komputer, belum lagi psikologi anak-anak yang terganggu. Jujur kamu kecewa berat," ungkap Peka dengan nada kecewa.

Ketua MKKS tingkat SMK Kabupaten TTS, Bernadus Na'atonis Juga mengutarakan hal senada. Dirinya mengaku menerima banyak pengeluhan dari para kepala sekolah terkait pemadaman listrik saat pelaksanaaan UNBK.

Dirinya mengatakam akan membuat laporan tertulis kepada Dinas Pendidikan Propinsi NTT dengan tebusan kepada Gubernur NTT terkait kinerja buruk PLN tersebut.

Ia mendesak PLN untuk bertanggung jawab terhadap kerusakan yang dialami pihak sekolah Akibat pemadaman listrik yang dilakukan.

"Pasca UNBK selesai kami akan data kerusakan akibat pemadaman listrik dan buat laporan tertulis kepada dinas dan tebusan kepada gubernur. Kami desak PLN harus mengganti kerugian yang dialami pihak sekolah," tegasnya.

Terpisah, Kepala PLN ULP kota Soe, Hendra Aditia menjelaskan, pemadaman yang terjadi akibat adanya travo meledak dan gardu induk di Kupang tersambar petir. Dirinya meminta maaf atas pemadaman yang terjadi.

"Hari Selasa itu travo hubung PLTD kita meledak makanya seluruh kota Soe mengalami pemadaman listrik hingga berjam-jam.kalau hari Rabu, pemadaman terjadi akibat gardu induk di Kupang tersambar petir. Kami minta maaf atas pemadaman yang terjadi," ucapnya. ( Laporan Reporter POS-KUPANG, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved