Kemenaker RI Seleksi Anak Muda Matim Ikut Diklat di BLK Bekasi

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI mengurus dua stafnya ke Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) guna menyeleksi anak muda di Matim.

Kemenaker RI Seleksi Anak Muda Matim Ikut Diklat di BLK Bekasi
POS-KUPANG.COM/ ARIS NINU
anak muda Manggarai Timur 

Kemenaker RI Seleksi Anak Muda Matim Ikut Diklat di BLK Bekasi

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG.COM |BORONG- Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI mengurus dua stafnya ke Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) guna menyeleksi anak muda di Matim.

Tim Kemenaker dari Balai Besar Latihan Kerja Bekasi, Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan merekrut 16 pemuda agar diberikan pelatihan selama satu setengah bulan.

Yang mana BLK Bekas akan mendidik para anak muda di bidang teknik komputer dan handphone (HP).

Polda NTT Duga Anak Komodo Diselundupkan Melalui Jalur Laut

"Diharapkan setelah diklat anak-anak muda Matim bisa membuka usaha di bidang komputer dan HP. Maka itu ini langkah awal kami bangun kerjasama dengan BLK Bekasi. Mereka yang lolos seleksi akan berangkat ke Bekasi guna mengikuti diklat. Semua biaya perjalanan dan diklat ditanggung negara. Tim dari Kemenaker yang melakukan seleksi. Ada 58 yang ikut seleksi dan hanya 16 orang yang ikut diklat," kata Kabid Pelatihan dan Penempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Matim, Fransiscus Seda kepada POS-KUPANG.COM di Hotel Gloria Toka, Borong, Kamis (28/3/2019) sore.

Ia menjelaskan, 16 anak muda yang ikut diklat akan diberikan sertifikat komputensi dan keahlian usai menjalani pendidikan di Bekasi di bidang komputer dan HP.

Lucinta Luna Ungkap Pernikahannya Kini di Ujung Tanduk

"Semua yang ikut diklat akan diberikan sertifikat komputensi dan keahlian sehingga bisa bekerja usai pelatihan. Bila perlu membuka usaha sendiri," ujar Seda.

Seda mengungkapkan, diklat bagi 16 anak muda di Matim adalah langkah awal yang dibangun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Matim.

"Nanti kita akan bangun kerjasama dengan BLK yang lain di Indonesia. Ke depan kami akan kirim nama ke BLK Bandung untuk diklat otomotif dan manufaktur," papar Seda.(*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved