17 Manfaat Air Putih Saat Berbuka Puasa

Air putih dibutuhkan manusia dan semua makhluk hidup. Manusia mungkin bisa menghabiskan waktu tanpa makan, namun tidak bisa bertahan tanpa minum

17 Manfaat Air Putih Saat Berbuka Puasa
net
minum air putih 

17 Manfaat Air Putih Saat Berbuka Puasa
 
POS-KUPANG.COM- Air putih dibutuhkan  manusia dan semua makhluk hidup.  Manusia mungkin bisa menghabiskan waktu tanpa makan, namun tidak bisa bertahan tanpa minum karena 90% lpersen tubuh manusia membutuhkan air.

Sebab itu air putih selalu dibahas menjadi sesuatu yang terbaik untuk pelepas dahaga dan mengembalikan energi ketika berbuka puasa di samping makan makanan yang manis seperti kurma.

Seperti dikutip dari dalamislam.com, air putih memiliki kandungan yang luar biasa untuk apapun termasuk buka puasa. Berikut17 manfaat air putih saat buka puasa.

1. Menghidupkan Energi Secara Total

“Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. 21: 30). Tiap berbuka puasa, misalnya tidak ada makanan atau minuman lainnya, hanya dengan air putih akan mampu mengembalikan kembali eenrgi yang selama seharian berkurang, air putih menjadi pilihan yang terbaik dan menjadi zat yang paling bergizi serta paling bermanfaat untuk seluruh organ tubuh sebagaimana dijelaskan dalam ayat ayat Al Qur’an tentang air.

9 Hari yang Dilarang Puasa dalam Islam, Termasuk Hari Jumat dan Sabtu

Air putih yang diminum ketika berbuka puasa dan diminum sebelum makan mampu masuk ke dalam organ tubuh dan mengisi sel sel di dalamnya sehingga seluruh organ terasa segar dan energy yang telah hilang kembali lagi, air putih jauh lebih baik daripada air lain yang memiliki kandungan tertentu seperti air yang dingin atau air yang mengandung soda dan bahan lain, sebaiknya selalu mendahulukan air putih sebagai bahan minuman yang utama ketika berbuka puasa.

2. Kesehatan Organ Tubuh

Rasulullah SAW bersabda, “Minumlah dengan 3 kali tegukan” (HR. Tirmidzi). Air putih akan menyehatkan organ tubuh manusia ketika diminum saat buka puasa dibandingkan dengan minuman lain yang mungkin ebrdampak lain terhadap tubuh seperti es atau soda, tentunya khasiat akan lebih baik lagi jika diminum sesuai dengan anjuran Rasulullah, yaitu dalam satu gelas tiga kali tegukan, tidak langsung diminum seketika sebab jika langsung diminum seketika akan mempengaruhi kerja ginjal dan lambung sebagaimana keutamaan minum sambil duduk.

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 6 Mei, Begini Penjelasannya

3. Melancarkan Metabolisme

Metabolisme tubuh akan lancar ketika ebrbuka puasa diawali dengan air putih, terlebih ketika diminum dengan porsi cukup yaitu 8 gelas sehari dan diawali dengan memuji asma Allah sesuai tips sehat ala Rasulullah. “Sesungguhnya Allah ridha terhadap seorang hamba yang menikmati makanan, lalu memuji Allah sesudahnya atau meneguk minuman, lalu memuji Allah sesudahnya”. (HR Muslim)

Halaman
1234
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved