120 Ekor Sapi Milik UD Bina Tani Mbay di Nagekeo Dikirim ke Jakarta Timur

120 Ekor Sapi Milik UD Bina Tani Mbay di Nagekeo Dikirim ke Jakarta Timur

120 Ekor Sapi Milik UD Bina Tani Mbay di Nagekeo Dikirim ke Jakarta Timur

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Sebanyak 120 ekor Sapi jantan asal Mbay Kabupaten Nagekeo dikirim ke Jakarta Timur, Kamis (28/3/2019).

Sapi tersebut diangkut menggunakan empat mobil fuso melalui jalan darat dari Mbay Kabupaten Nagekeo menuju Labuan Bajo Manggarai Barat dan lanjut ke Bima Nusa Tenggara Barat.

Pengusaha asal Mbay yang juga Penanggungjawab UD Bina Tani Mbay, Muhammad Maruf, kepada POS KUPANG.COM, mengatakan 120 ekor sapi jantan (sapi potong) akan dikirim dengan tempat tujuan Jakarta Timur.

"Kami kirim melalui jalan darat dari Mbay Nagekeo ke Labuan Bajo-Bima dan dari Bima ke Jawa Timur tepatnya di Situbondo bongkar dan disana baru ke Jakarta Timur ikut jalan Darat," ujar Maruf.

Ia menyebutkan semua dokumen atau surat-surat sudah dilengkapi sehingga legal. Tidak ada yang kurang dari semuanya itu.

VIDEO: 41 Ekor Komodo Dicuri dari Manggarai Barat, Gubernur NTT Tutup Pulau Komodo

VIDEO: Jembatan Maiskolen Rusak, Camat Amsel Gandeng Pengusaha dan Ajak Warga Lakukan Hal Ini

VIDEO: Army Mesti Tahu Alasan Tujuh Member BTS Dijuluki Humble King, Rahasia Loh

"Kamis mengantong semua surat-surat. Surat-suratnya itu diantaranya, Surat Izin Pengeluaran Ternak Potong dari Provinsi NTT ke wilayah Provinsi tujuan. Surat ijin masuk dari daerah tujuan yaitu Provinsi Jakarta Timur. Surat Rekomendansi dari Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo, Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Nagekeo dan surat laporan hasil pengujian darah sapi dengan berat timbang sapi hidup," ujar Maruf.

Ia mengaku harga Sapi perekor saat ini berkisar 8 juta rupiah paling rendah. Selama satu bulan Sapi yang diperoleh dari masyarakat yang sudah dibeli tersebut ditampumg oleh UD Bina Tani di Kelurahan Mbay I.

"Harga sapi paling rendah 8 juta itu umur 2-3 tahun paling lama.
Kami tampung selama satu bulan di Kompleks Abri Masuk Desa (AMD) Kelurahan Mbay I," ujarnya.

Ia mengaku pengiriman Sapi ke luar daerah dari Mbay Kabupaten Nagekeo baru perdana lewat jalan darat. Karena sebelumnya lewat transportasi laut.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: OMDSMY Novemy Leo
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved