10 Tips Agar Puasa Tidak Ngantuk dan Tetap Semangat

Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat Islam. Menahan setiap hawa nafsu mulai dari Subuh hingga Magrib. begini tips agar puasa lancar

10 Tips Agar Puasa Tidak Ngantuk dan Tetap Semangat
puasa ramadan 

10 Tips Agar Puasa Tidak Ngantuk dan Tetap Semangat

POS-KUPANG.COM- Puasa Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat Islam. Menahan setiap hawa nafsu mulai dari Subuh hingga Magrib menjelang.

Namun menjalani puasa sering kali menimbulkan rasa kantuk yang amat sangat. Untuk mengatasi rasa kantuk yang berlebihan, berikut adalah beberapa tips mengatasi rasa kantuk saat puasa:

1. Banyak bergerak

Salah satu yang membuat orang puasa menjadi mudah ngantuk adalah malas bergerak. Dengan alasan menghemat energi, tubuh pun menjadi malas untuk digerakkan.

Padahal hal inilah yang membuat rasa kantuk mudah datang. Lawanlah rasa malas yang amat sangat tersebut dengan melakukan beberapa aktivitas yang menggunakan banyak gerakan namun tidak menggunakan banyak energi, seperti berjalan atau membersihkan rumah.

17 Manfaat Air Putih Saat Berbuka Puasa

2. Sering wudhu

Wudhu akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan saat puasa. Bukan hanya sekedar menghilangkan rasa kantuk, wudhu juga memiliki banyak keutamaan wudhu.

Rasulullah bersabda, “Apabila seorang muslim atau mukmin berwudhu’ kemudian mencuci wajahnya, maka akan keluar dari wajahnya tersebut setiap dosa pandangan yang dilakukan kedua matanya bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’.

Apabila ia mencuci kedua tangannya, maka akan keluar setiap dosa yang dilakukan kedua tangannya tersebut bersama air wudhu’ atau bersama akhir tetesan air wudhu’.

Halaman
1234
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved