Pelaporan SPT Efiling Meningkat Signifikan

Kepatuhan pajak para Wajib Pajak di NTT meningkat signifikan. Bagaimana tidak, jumlah Wajib Pajak yang melaporkan SPT Tahunannya semakin meningkat.

Pelaporan SPT Efiling Meningkat Signifikan
POS KUPANG/YENY RACHMAWATI
Pajakustik yang digelar KPP Pratama Kupang 

Pelaporan SPT Efiling Meningkat Signifikan

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Kepatuhan pajak para Wajib Pajak di NTT meningkat signifikan. Bagaimana tidak, jumlah Wajib Pajak yang melaporkan SPT Tahunannya semakin meningkat.
Dalam pelaporan SPT Tahunan, hingga saat ini Wajib Pajak yang sudah melapor per 26 Maret 2019 sejumlah 40.112 orang.

Dari jumlah tersebut, 97%-nya adalah Wajib Pajak yang melaporkan SPT-nya dengan Efiling. Capaian ini sangat menakjubkan karena pada tanggal yang sama pada tahun lalu, Wajib Pajak yang menggunakan Efiling hanya sebesar 78% dari jumlah wajib pajak yang sudah melapor.

Efiling merupakan channel pelaporan SPT melalui internet yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk memberikan kemudahan kepada Wajib Pajak dalam melaksanakan kewajibannya melaporkan pajak.

Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang, Esra J Ginting, ketika dihubungi POS-KUPANG.COM, Rabu (27/3/2019), menyampaikan per 26 Maret 2019, Wajib Pajak Karyawan yang melapor dengan Efiling sebanyak 36.791 orang yang meningkat sebesar 38% dibanding dengan tahun lalu yang hanya mencapai 26.666 orang.

Kesadaran Wajib Pajak Laporkan Efiling Meningkat Signifikan

Begini Kesadaran Wajib Pajak Laporkan Efiling

Sedangkan untuk Wajib Pajak Non Karyawan atau usahawan yang sudah melapor SPT dengan Efiling adalah sejumlah 1.469 orang yang meningkat signifikan sebesar 356% jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencatat 322 orang di tanggal yang sama. Batas akhir pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi ini adalah 31 Maret nanti.

Senada dengan peningkatan pelaporan di orang pribadi, lanjutnya, Wajib Pajak Badan yang memiliki jatuh tempo pelaporan 30 April nanti pun mengalami peningkatan yang mencengangkan juga.

Tercatat sampai dengan 26 Maret 2019, Peningkatan pelaporan SPT Tahunan Wajib Pajak Badan via Efiling meningkat 531%, dimana pada tahun lalu jumlahnya 88 Wajib Pajak, sedangkan pada tahun ini sudah mencapai 555 Wajib Pajak.

Sehingga total pertumbuhan kepatuhan Wajib Pajak KPP Pratama Kupang yang melaporkan SPT nya melalui Efiling atau online adalah sebesar 43.36%.

"Dapat diartikan bahwa warga NTT sudah semakin sadar pajak dan juga sudah teredukasi dengan baik. Di samping itu, warga NTT juga berkembang pesat pada melek teknologi atau internet," tuturnya.

Goyang Heyho Untuk Isi SPT PPh

Bank Mandiri dan Pajak Rangkul UMKM Isi SPT Tahunan

Lantas bagaimana dengan pelaporan SPT dengan paper? Kata Esra, untuk Wajib Pajak Karyawan, jumlah yang melapor SPT dengan paper atau manual adalah sebesar 263 orang yang menurun drastis dibandingkan dengan tahun lalu sejumlah 5.076 orang.

Untuk Wajib Pajak Non Karyawan atau usahawan juga ternyata lebih cenderung menyenangi IT based, karena jumlah yang lapor paper tahun lalu sejumlah 1.551 orang, dan pada tahun ini menurun 50%. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved