168.266 Warga Ende Sudah Ditetapkan Dalam DPT

sudah ditetapkan dan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebagi pemilih dalam pemilu tahun 2019.

168.266 Warga Ende Sudah Ditetapkan Dalam DPT
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Bupati Ende, Ir. Marsel Petu, saat menghadiri acara Natal dan Tahun Baru bersama IKKEF di gedung olahraga, Kupang, Sabtu (19/1/2019). 

168.266 Warga Ende Sudah Ditetapkan Dalam DPT

POS-KUPANG.COM|ENDE-- Dari jumlah penduduk di Kabupaten Ende sebanyak 271. 647 jiwa, sebanyak 168.266 jiwa, terdiri dari laki-laki 78.967 jiwa dan perempuan 89.299 jiwa, sudah ditetapkan dan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebagi pemilih dalam pemilu tahun 2019. Sedangkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 882 TPS.

Bupati Ende, Ir Marsel Petu mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Rabu (27/3/2019).

Dikatakan untuk kesiapan kelengkapan terkait, hak pemilih untuk mengikuti pemilu 2019, pemerintah Kabupaten Ende, melalui Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ende, terus melakukan perekaman dan kerja keras sehingga dapat merekam semua pemilih yang memiliki hak pilih untuk menjadi pemilih dalam pemilu 2019.

Apotik Kimia Farma Buka Apotik Ketiga di Maumere

Jenazah Korban Banjir Bandang di Papua segera Dimakamkan di Kampung Harapan

6 Fakta Pembunuhan Pendeta di OKI, Diduga Diperkosa Sebelum Dibunuh hingga Berencana Menikah

Gubernur Viktor Punya Mimpi NTT Jadi Pemasok Garam Nasional

Kondisi pendataan ini bisa dinyatakan baik dan berhasil. kerja keras ini perlu diberikan apresiasi, karena dihari libur, Dukcapil Ende terus melakukan lembur, untuk mencapai target perekaman penduduk peserta pemilu tahun 2019.

“Saya telah perintahkan kepada jajaran Disdukcapil Kabupaten Ende, untuk melakukan langkah-langkah progresif, sehingga bisa menjangkau semua masyarakat pemilih, dan capaian ini perlu kita apresiasi, karena telah bekerja maksimal, termasuk para camat se-Kabupaten Ende yang telah membantu Dukcapil Ende melakukan sosialisasi dan mendatangi kantong-kantong pemilih guna melakukan perekaman,”kata Bupati Marsel.

“Saya yakin kita semua akan bisa mewujudkan pesta demorasi tersebut dengan baik, karena Kabupaten Ende adalah tanah pancasila, yang mana selalu menjaga solidaritas dan kerukunan, saling menghargai satu sama lain dalam perbedaan untuk memupuk kekuatan bersama, Ende, Lio, Nage, Sare Pawe melalui pemilu serentak tahun 2019,”ujarnya.

Pihaknya meminta agar semua memperhatikan potensi kerawanan dalam pelaksanaan pemilu 17 April 2019, antara lain hindari potensi kerawanan politik sara; potensi kerawanan money politik; potensi kerawanan hoax dan propaganda negatif serta potensi kerawanan sabotase dan teror.

Dia berharap semua pihak berperan aktif dalam memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa melalui pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019, yang demokratis, bersih, jujur, adil, sesuai dengan amanat UU Nomor 7 Tahun 2017.

Dikatakan persoalan utama dalam pemilu adalah mengenali dan mencegah terjadinya suatu kecurangan pemilu yang terjadi karena intervensi atau campur tangan secara ilegal terhadap proses penyelenggaraan pemilu.

Tindakan ini berdampak pada penghitungan suara yang dapat mempengaruhi hasil pemilu, baik meningkatkan hasil suara, mengurangi atau keduanya pada kandidat tertentu.

Di TTS, 140.000 Surat Suara Disortir dan Dilipat Setiap Harinya

25 Pemuda NTT Dikirim ke Australia, Ini Tujuannya

Di TTS, 140.000 Surat Suara Disortir dan Dilipat Setiap Harinya

Lemhannas RI Gelar FGD Mengatasi resiko Politik Pasca Kebenaran Post Truth

Dikatakan arah kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kabupaten Ende dalam menjawabi pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 adalah dengan mempersiapkan perangkat dan sarana prasarana serta kelengkapannya sebaik mungkin sehingga, penyelenggaraan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dapat berjalan dengan baik. (Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved