Pendeta Emy Sebut Mafia TKI Cerdik, Selalu Pakai Jalan Tikus

Pencegahan TKI ilegal ke luar negeri sulit dilakukan karena para mafia TKI sangat cerdik dan mereka selalu lolos lewat jalan tikus.

Pendeta Emy Sebut Mafia TKI Cerdik, Selalu Pakai Jalan Tikus
POS-KUPANG.COM/Laus Markus Goti
Pendeta Emy, pihak BP3TKI dan Ketua JPIC Serikat PI Kupang, Suster Laurentina mendoakan jenazah TKI, Bartolomeus Ngaji di Bandara El Tari Kupang, Senin (25/3/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Upaya pencegahan keberangkatan Tenaga Kerja Indonesia ( TKI ) secara ilegal ke luar negeri sulit dilakukan karena para mafia TKI sangat cerdik dan mereka selalu punya cara meloloskan TKI lewat jalan tikus.

Demikian disampaikan oleh Pendeta Emy Sahertian kepada POS-KUPANG.COM, di Bandara El Tari Kupang usai mendoakan jenazah TKI asal Maumere, NTT yang tiba di Bandara, Senin (25/3/2019).

Menurutnya, percuma kalau pemerintah dan berbagai pihak terkait hanya mengawasi di pintu-pintu besar seperti Bandara El Tari Kupang dan lainnya.

Wakil Bupati Flotim Akui Proyek Pasar Inpres Larantuka Rugikan Ratusan Juta

"Terlalu banyak akses untuk loloskan TKI, lewat jalur laut dari daerah-daerah ke Batam, Bali dan seterusnya, lalu ke Luar Negeri, nah bagaimana kita mencegahnya," tegas Pendeta Emy.

Ia mengatakan, upaya pencegahan harus sampai ke tingkat Desa dan RT. Semua aparat desa dan RT bertanggung jawab mengawasi keluarnya setiap anggota masyarakat.

44 KK Korban Bencana Angin Kencang di Sumba Timur dapat Bantuan Bahan Bangunan

"Setiap orang yang keluar daerah harus lapor, pantau juga keadaan ekonomi keluarga, mendata jumlah remaja, anak-anak muda," ungkapnya.

Selain itu pemerintah dan berbagai lembaga terkait perlu turun ke desa-desa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai kebijakan pemerintah terkait dengan TKI.

"Kalau hanya dibahas di lingkup pemerintah, lembaga saja tidak bisa, masyarakat tidak tau, apalagi terkendala akses internet dan informasi. Jadi harus sampai ke pelosok-pelosok," tegas Pendeta Emy. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved