Isi Kevakuman Pemerintahan, Sekda Obet Ditunjuk Jadi Plh Bupati Kupang

Masa jabatan Bupati Kupang, Dr. Ayub Titu Eki dan Wakil Bupati, Korinus Masneno periode 2014-2019 berakhir tanggal 25 Maret 2019.

Isi Kevakuman Pemerintahan, Sekda Obet Ditunjuk Jadi Plh Bupati Kupang
ISTIMEWA
Kabag Humas Setda Kupang, Martha M Para Ede.

Isi Kevakuman Pemerintahan, Sekda Obet Ditunjuk Jadi Plh Bupati Kupang

POS-KUPANG.COM I OELAMASI---Masa jabatan Bupati Kupang, Dr. Ayub Titu Eki dan Wakil Bupati, Korinus Masneno periode 2014-2019 berakhir tanggal 25 Maret 2019.

Untuk mengisi kevakuman roda pemerintahan di Kabupaten Kupang, Gubernur NTT telah mengeluarkan surat tertanggal 25 Maret menunjuk Sekda Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha sebagai pelaksana harian (Plh) bupati Kupang untuk melaksanakan tugas bupati sampai pelantikan bupati-wakil bupati Kupang definitif masa bakti 2019-2024.

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kupang, Martha Para Ede menyampaikan hal ini kepada wartawan di Oelamasi, Senin (25/3/2019).

Martha mengatakan, sebelum proses pelantikan bupati-wakil bupati Kupang terpilih, terjadi kevakuman pemerintahan. Pasalnya, masa jabatan bupati-wakil bupati Kupang sekarang ini berakhir tanggal 25 Maret 2019. Untuk itu, katanya, Gubernur NTT telah mengeluarkan surat penunjukan Plh bupati Kupang yang akan dijabat Sekda Kupang.

Ini Puisi-Puisi Pos Kupang Minggu

Live Streaming & Sinopsis Cinta Suci, Senin 25 Maret 2019 Tayang di SCTV Pukul 20.05 WIB

Obet Laha Ditunjuk Menjadi Pelaksana Harian Bupati Kupang

Wakapolda NTT Digotong Prajurit TNI di Polres Belu

"Jadi hari ini (Senin, 25/3/2019,Red) sudah ada surat Gubernur NTT yang kami terima yang perihalnya Sekda Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha menjadi Plh bupati yang akan melaksanakan tugas bupati sampai pelantikan bupati-wakil bupati Kupang terpilih," katanya.

Sebelumnya diberitakan, rencana pelantikan Bupati Kupang, Drs. Korinus Masneno dan Wakil Bupati, Jerry Manafe, S.H, MH hasil pilkada serentak 2018, dipastikan tanggal 7 April 2019. Surat Keputusan (SK) pelantikan untuk kedua pejabat ini sudah ada dan pelantikan akan bersamaan dengan pelantikan bupati-wakil bupati Ende dan bupati Ngada.

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kupang, Jerry Manafe menyampaikan hal ini kepada POSKUPANG.COM, Senin (18/3/2018).

Jerry mengatakan, pelantikan bupati dan wakil bupati Kupang memang direncanakan tanggal 17 Maret bersama dengan pelantikan bupati-wakil bupati Alor. Namun, pelantikan ditunda karena batas akhir masa tugas Bupati Kupang, Ayub Titu Eki dan Wabup, Korinus Masneno tanggal 25 Maret 2019. Informasi terbaru, kata Jerry, bergeser lagi pelantikan yang dipastikan tanggal 7 April.

"Untuk pelantikan bupati-wabup Kupang tanggal 7 April. Kita akan dilantik bersama-sama dengan bupati-wabup Kabupaten Ende dan Bupati Ngada. Itu berarti ada penjabat bupati," kata mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang ini.

Untuk diingat, rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pilkada Kabupaten Kupang dan pilgub NTT telah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang.

Dalam proses rekapitulasi perhitungan suara untuk pilkada, pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Korinus Masneno-Jerry Manafe (Paket Komitmen) unggul suara atas empat paslon lainnya.

Paslon Komitmen meraih suara 53.078 suara disusul paslon Hendrik Paut-Aljeri Monas (Paket Harmoni) dengan 39.034 suara, paslon independen "Suka Melayani" yakni Melianus Akulas, ST dan Joao Antonio de Jesus Costa, S.H, meraih 29.344 suara, kemudian paslon Nelson O Matara-Bernard Bait atau Tirosa meraih 24.305 suara dan paling buntut paslon Drs. Silfester Banfatin- Johny Oettemoesoe, SE, atau Paket Terkini meraih 14.208 suara.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)


 
 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved