Agus Ririmasse Hadiri Penerimaan Penghargaan dari Kemenkum dan HAM

penghargaan itu diberikan Kemenkum dan HAM RI dalam rangka peringatan Hari Bhakti Kemasyarakatan ke-55, yang jatuh pada 27 April 2019.

Agus Ririmasse Hadiri Penerimaan Penghargaan dari Kemenkum dan HAM
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Plt. Kadis Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmasse (kedua dari kiri) saat hadir pada acara penerimaan piagam penghargaan dari Kemenkum dan HAM RI, Senin (25/3/2019). Nampak Menteri Hukum dan HAM Ri, Yasonna Laoly berada di tengah para penerima penghargaan. 

Agus Ririmasse Hadiri Penerimaan Penghargaan dari Kemenkum dan HAM

POS-KUPANG.COM|KUPANG -- Plt Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil ) Kota Kupang, Drs. Agus Ririmasse,M.Si menghadiri acara penyerahan pengharagaan dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum dan HAM) RI.

Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap Dinas Dukcapil Kota Kupang yang sudah turut mensukseskan program Kemenkum dan HAM, yakni Gerakan Nasional (Gernas) pemenuhan hak identitas Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH).

Agus mengatakan hal ini kepada POS-KUPANG.COM, Senin (25/3/2019).

Menurut Agus, penghargaan itu akan diserahkan langsung Menkum HAM RI di Gedung Graha Bakti Pemasyarakatan, Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum dan HAM Jakarta.

"Saya tadi langsung hadir penyerahan penghargaan itu di Jakarta. Penghargaan itu diberikan tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh komponen yang ada di Dinas Dukcapil Kota Kupang," kata Agus.

Dijelaskan, penghargaan itu diberikan Kemenkum dan HAM RI dalam rangka peringatan Hari Bhakti Kemasyarakatan ke-55, yang jatuh pada 27 April 2019.

Di Jayapura, Polisi Bantu Pindahkan Pengungsi Banjir Bandang ke Posko Toware dan Posko Stadion

Muhammadiyah Tetapkan Awal Puasa 6 Mei, Begini Penjelasannya

Boeing Bahas Kembali Upaya Terbangkan 737 MAX

Dalam acara itu ,akan ada pemberian Kartu Identitas Anak (KIA) ,Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) .

Dikatakan, pemberian KIA merupakan kerjasama dengan Dukcapil pusat maupun daerah yang telah dilakukan sejak Februari 2019 di lima Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) , yakni Bengkulu, Palembang, DKI Jakarta, Blitar dan Bandung.

"Tentu selanjutnya dilakukan di semua LPKA di seluruh Indonesia," ujarnya

Dia mengatakan, pada saat acara penyerahan, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan, anak sangat rentan terhadap kekerasan, karena itu posisi tumbuh kembang anak sejak lahir sampai usia 18 tahun, anak memiliki keterbatasan dan kemampuan serta rentan terhadap perlakuan buruk.

"Hak anak itu tidak terpisahkan dari HAM serta di dalam diri anak melekat harkat dan martabat.
Makna mendalam bahwa dalam diri anak ada harkat martabat dan hak sebagai manusia," kata Yasonna.
Dikatakan, anak memperoleh hak identitas ,hak pendidikan dan hak memperoleh kesejahteraan dasar.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved