Di Padadita Beach, Pramuka SMA Negeri 3 Waingapu Tanam Ratusan Pohon Bakau

Lima puluh siswa anggota Pramuka di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 3 Waingapu di Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Ti

Di Padadita Beach, Pramuka SMA Negeri 3 Waingapu Tanam Ratusan Pohon Bakau
POS-KUPANG. COM/ISTIMEWA
Para siswa SMA Negeri 3 Waingapu sedang menanam anakan pohon bakau di pantai Padadita. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG. COM | WAINGAPU---Lima puluh siswa anggota Pramuka di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 3 Waingapu di Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menanam ratusan lebih anakan pohon bakau di pantai Padadita, di Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera, Kabupaten setempat.

Kegiatan penanaman bakau itu kerja sama antara pihak SMA Negeri 3 Waingapu dengan Radio Max FM waingapu Foundation dan didukung oleh LIFE Jepang.

Hadir juga dalam penanaman bakau itu, Direktur Radio Max FM waingapu Heinrich Dengi, sejumlah guru pembibing, dan para karyawan di Radio Max FM Waingapu.

Direktur Radio Max FM Waingapu, Heinrich Dengi mengatakan kegiatan penanaman bakau di pantai Padidata oleh para siswa anggota pramuka dengan pihak Radio Max FM Waingapu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan alam.

Kata Heinrich, pihaknya memilih untuk menanam anakan pohon bakau di pantai Padadita karena merasa perihatin terhadap perkembangbiakan biota laut seperti ikan, sebab pohon bakau ini juga merupakan tempat berkembang biaknya ikan. Selain itu, pohon bakau ini juga berguna untuk menahan abrasi pantai dan menahan gelombang tsunami.

"Lokasi ini sebenarnya sudah ada pohon bakau, tetapi bakaunya sudah punah, sehingga kita perihatin dan ingin merehabilitasi lagi agar pohon bakau kembali tumbuh,"tambah Heinrich.

Brasil vs Panama Imbang 1-1, Pelatih Timnas Brasil Kecewa dengan Hasil Pertandingan

Kisah Warga Lembata Sekali Kirim Uang Rp 100 Juta

Kepala sekolah SMA Negeri 3 Waingapu Melkianus Nggaba Ngunjurawa menyampaikan terima kasih kepada Max FM yang telah mau bekerja sama dengan pihaknya.

Melkianus juga sangat menginkan agar anak-anak bangsa Indonesia yang menuntut ilmu di SMA Negeri 3 Waingapu dengan lebih dini mencintai alamnya dengan berbuat langsung menanam anakan bakau ini.

"Yang kita harapkan dengan adanya pohon yang kita tanam ini semakin indah di pantai yang kita tanam ini,"ungkap Melkianus.

Melkianus juga mengatakan kegiatan menanam pohon ini sudah sebagai rutinitas kegiatan mereka. Dan bukan hanya baru kali ini menanam anakan bakau tetapi mereka juga telah menanam anakan cendana dan kini sudah tumbuh besar, begitu juga sudah mulai menanam anakan kelor mendukung program Gubernur NTT meskipun usia SMA Negeri 3 baru berusia 6 Tahun lebih. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved