Bupati Agas : Pencegahan TBC Mulai dari Diri Sendiri dan Keluarga

Regina Malon Kabid P2P Dinkas Matim, menjelaskan, di Matim saat ini ada 177 kasus yang positif dan yang aktif berobat.

Bupati Agas : Pencegahan TBC Mulai dari Diri Sendiri dan Keluarga
POS KUPANG/ARIS NINU
Peserta jalan dan senam sehat di kabupaten Matim 

Bupati Agas : Pencegahan TBC Mulai dari Diri Sendiri dan Keluarga

POS-KUPANG-COM|BORONG-- Memperingati  hari tuberkulosis (TBC) se-dunia yang jatuh setiap tanggal 24 maret setiap tahunnya maka Pemkab Manggarai Timur (Matim) warganya menggelar jalan sehat.

Ketika melepeas kegiatan jalan sehat, Jumat (22/3/2019) pagi di Terminal Borong, Bupati Matim, Agas Andreas, S.H, M.Hum berpesan agar semua masyarakat harus sadar dan mulai bersama-sama pemerintah mencegah TBC mulai dari diri sendiri dan keluarga.

“Di Indonesia TBC merupakan penyebab kematian nomor satu diantara penyakit menular lainnya.Peringatan TBC yang kita lakukan bertujuan meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung program pengendalian TBC serta menempatkan TBC sebagai isu utama di semua sector,” ujar Bupati Agas.

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan juga sebagai upaya penyebar luasan informasi  TBC kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian terkait dengan pencegahan penularan TBC yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Bupati Agas Mengungkapkan, peringatan HTBS tahun 2019 di Indonesia mengambil tema "Saatnya Indonesia Bebas TBC, Mulai Dari Saya" dengan aksi temukan tuberkulosis obati sampai sembuh (TOSS TBC) yang merupakan kegiatan penemuan secara aktif dan masih sekaligus mendorong pasien TBC untuk memeriksakan diri dan menjalankan pengobatan hingga tuntas.

Sementara itu, Regina Malon Kabid P2P Dinkas Matim, menjelaskan, di Matim saat ini ada 177 kasus yang positif dan yang aktif berobat.

Tetapi, lanjutnya, angka ini masih jauh di bawah target nasional kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Matim.

"Bagaimana kami menggerakan masyarakat untuk menemukan lebih banyak penderita TBC yang ada di masyarakat dengan gejala yaitu tiga B  yakni, "batuk bukan batuk biasa. Artinya dia batuk  lebih dari dua minggu kemudian batuknya bisa bercampur darah,” kata Regina.

Grand Opening Pasar Bandung Makan Korban, 8 Penari Tumbang Sambut Jokowi

Adapun rute jalan sehat yang sudah ditentukan yakni dari Terminal Borong menuju jalan trans Flores arah Kantor Camat Borong.

Sampai di kantor Camat Borong belok kanan dan keluar di samping SPBU Borong. Sesudah itu, belok kanan arah Cabang SDK Bugis I dan melewati jembatan hilir kali wae bobo. Selanjutnya peserta jalan sehat langsung menuju kembali ke lapangan Terminal Borong.

Sesampainya di lapangan terminal Borong  peserta jalan sehat langsung dilanjutkan dengan kegitan senam indonesia sehat.

 Jalan sehat dimulai pada pukul 06.00 Wita dan dihadiri langsung oleh Bupati Agas, Sekda Matim, Ir.Bony Hasudungan, Kadis Kominfo Matim, Drs. Bonifasius Say, Kabid P2P Regina Malon dan Kabag umum Ir. Pius Tiwu.

Turut hadir dalam kegiatan itu siswa-siswi SMPN 1 Borong, Siswa-siswi SMAK Pancasila Borong dan  seluruh staf dari semua OPD tingkat Kabupaten Matim.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved