Baru 9 Parpol Memasukan Nama Saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang menegaskan, sampai saat ini dari 16 parpol peserta pemilu serentak, baru 9 parpol masukan nama saksi

Baru 9 Parpol Memasukan Nama Saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang
POS-KUPANG.COM/EDY HAYONG
Bawaslu Kupang dalam rakor di Aston Hotel Kupang 

Baru 9 Parpol Memasukan Nama Saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang menegaskan, sampai saat ini dari 16 parpol peserta pemilu serentak, baru 9 parpol yang memasukan nama saksi.

Sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 915 orang sesuai jumlah TPS pada pemilu 2019. Dari delapan parpol tersebut hanya partai Gerindra yang sudah memenuhi jumlah yakni 915 orang.

Kordiv. Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Kupang, Adam Horison Bao, SH menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM, Kamis (21/3/2019).

Adam menjelaskan, demi suksesnya pemilu maka pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada para elemen termasuk parpol. Pihaknya telah menghadirkan pimpinan parpol  untuk mengkoordinasikan persiapan pelatihan bagi saksi parpol di setiap TPS pada hari pungut hitung tanggal 17 April 2019 nanti.

Dandim Rudi Dampingi Kapolres Cliff Saat Apel Gelar Pasukan Pemilu di Ruteng

Namun keprihatinan utama saat ini adalah belum semua parpol memasukan saksinya. Baru 9 parpol yang telah memasukan saksi yakni PKPI, PSI, GOLKAR, PAN, PKB, GERINDRA, PPP, GARUDA, BERKARYA.

"Sejauh ini sampai dengan tanggal  21 Maret 2019 baru 9 parpol yang sudah memasukan nama saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang. Itupun belum lengkap sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 915 orang sesuai jumlah TPS pada pemilu 2019. Dari delapan parpol tersebut hanya partai Gerindra yang sudah memenuhi jumlah yakni 915 orang. Sedangkan yang lain masih berkisar antara delapan ratus orang ke bawah," jelas Adam.

Oleh karena itu, lanjut Adam, dalam rapat sudah di sepakati paling lambat tanggal 25 Maret 2019  parpol sudah harus  memasukan nama saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang. Jika lewat dari waktu yang ditentukan maka saksi yang diajukan tidak dapat diakomodir lagi untuk dilatih.

GEMPABUMI TEKTONIK M5,1 MENGGUNCANG KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

"Sehubungan dengan hal di atas maka kami menghimbau semua pimpinan parpol untuk dapat menyiapkan nama saksi dan sejumlah syarat yang diperlukan agar bisa memenuhi jumlah saksi di setiap parpol," tegas Adam.

Bagi penyelenggara, demikian Adam,  pemilu ini adalah hak peserta yang perlu difasilitasi dengan baik sehingga penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Kupang dapat berlangsung sesuai asas LUBER dan JURDIL.

Asas pemilu terwujud jika semua pihak bisa bekerja sama termasuk didalamnya bawaslu ingin memastikan semua saksi memilki pengetahuan/pemahaman yang baik  terkait tupoksinya pada hari pungut hitung sehingga hak-hak peserta pemilu tidak terabaikan," jelasnya. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved