Bawaslu Kupang Fasilitasi Rakor Bersama Pimpinan Parpol

Dalam rangka melaksanakan amanat pasal 351 UU 7 Tahun 2017, Bawaslu Kabupaten Kupang melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan Parpol

Bawaslu Kupang Fasilitasi Rakor Bersama Pimpinan Parpol
POS-KUPANG.COM/ EDY HAYONG
Rakor Bawaslu Kupang dan Parpol 

Bawaslu Kupang Fasilitasi Rakor Bersama Pimpinan Parpol

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I KUPANG- Dalam rangka melaksanakan amanat pasal 351 UU 7 Tahun 2017, Bawaslu Kabupaten Kupang melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan mitra yakni pimpinan partai politik (parpol) tingkat Kabupaten Kupang.

Tujuan dari rakor ini adalah untuk mengkoordinasikan persiapan pelatihan bagi saksi parpol di setiap TPS pada hari penghitungan suara tanggal 17 April 2019 nanti.

Kordiv. Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Kupang, Adam Horison Bao, SH menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM, Kamis (21/3/2019).

Golkar NTT Target 4 Kursi DPR RI, 19 Kursi DPRD Provinsi NTT

Ini Titik Kerawanan Pemilu yang Dikuatirkan Bawaslu Kupang

Adam menjelaskan, rakor yang digelar  aula Kolbano - Hotel Neo by Aston Kupang ini menghadirkan  pimpinan parpol seperti ketua dan sekretaris peserta pemilu 2019. Dengan   narasumber,  Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Marthoni Reo, SH, dan anggota, Adam Horison Bao, SH, Polce R. T. Dethan, MM, Imeldan Dally, S.Pt

Tujuan dari rapat ini, jelas Adam,  untuk mengkoordinasikan persiapan pelatihan bagi saksi parpol di setiap TPS pada hari pungut hitung tanggal 17 April 2019 nanti. Hal ini menjadi sangat penting sebab sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,  pelatihan bagi saksi parpol menjadi salah satu tugas Bawaslu.

"Sejauh ini sampai dengan tanggal  21 Maret 2019 baru delapan parpol yang sudah memasukan nama saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang. Itupun belum lengkap sesuai jumlah yang dibutuhkan yakni 915 orang sesuai jumlah TPS pada pemilu 2019. Dari delapan parpol tersebut hanya partai Gerindra yang sudah memenuhi jumlah yakni 915 orang. Sedangkan yang lain masih berkisar antara delapan ratus orang ke bawah," jelas Adam.

Oleh karena itu, lanjut Adam, dalam rapat sudah di sepakati paling lambat tanggal 25 Maret 2019  parpol sudah harus  memasukan nama saksi ke Bawaslu Kabupaten Kupang.

Bawaslu Kupang Gelar Rapat Khusus dengan Lintas Instansi Teknis, Ini yang Dibahas

Bawaslu Kupang Gandeng Lintas Elemen Awasi Pemilu 2019

Jika lewat dari waktu yang ditentukan maka saksi yang diajukan tidak dapat diakomodir lagi untuk dilatih.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved