Gempa Tektonik Berkekuatan 3.8 SR Guncang Kabupaten Alor

Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gempa Tektonik Berkekuatan 3.8 SR Guncang Kabupaten Alor
STASIUN GEOFISIKA KUPANG
Hasanudin mengimbau masyarakat tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG mengingat gempa yang terjadi kekuatannya relatif kecil 

Gempa Tektonik Berkekuatan 3.8 SR Guncang Kabupaten Alor

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU- Gempa bumi tektonik kembali mengguncang wilayah Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada, Rabu (20/3/2019, sekira pukul 19:33:13 wita dengan kekuatan magitudo sebesar 3.8 Skala Ritcher (SR).

Pusat gempabumi tersebut terletak pada koordinat 8.45 LS-125.16 BT, tepatnya di Laut pada 69 Km Tenggara Alor dengan kedalaman 10 Km.

BREAKING NEWS: Gempa Tektonik Guncang Kefamenanu Tidak Berpotensi Tsunami

"Akibatnya penjalaran getaran gempa dirasakan," ungkap Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Robert Owen Wahyu melalui release yang diterima Pos Kupang, Rabu (20/2/2019).

Robert mengatakan, dari laporan masyarakat, dampak gempabumi berupa guncangan yang dirasakan dalam skala II-III MMI di Kabupaten Alor.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, jelas Robert gempabumi tersebut merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Menurutnya, gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami, karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Pascagempa 5,8 SR di Lombok Timur,  Ini Data Korban Luka-luka

Robert menambahkan, hingga pukul 20.55 WITA, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). (*)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved