Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu di Kabupaten Kupang Rusak

Ratusan surat suara untuk pemilu serentak di Kabupaten Kupang mengalami kerusakan

Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu di Kabupaten Kupang Rusak
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Petugas sedang menyortir dan melipat surat suara untuk Pemilu 2019 di Kota Kupang. Sortir ini berlangsung di Aula Ben Mboi, bekas Kantor Gubernur NTT, Rabu (13/3/2019). 

Ada Ratusan Ribu Surat Suara Pemilu di Kabupaten Kupang Rusak

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI- Ratusan surat suara untuk pemilu serentak di Kabupaten Kupang mengalami kerusakan.

Kerusakan terutama rembesan tinta pada surat suara dan langkah yang sudah dilakukan adalah KPU setempat membuat berita acara untuk disampaikan ke perusahaan penyedia surat suara. Untuk surat suara DPR RI yang rusak sekitar 90.000-an, DPD RI  sekitar 80.000-an, Pilpres, DPR Provinsi dan kabupaten berkisar diatas 20.000-an.

Ketua KPU Kabupaten Kupang, Elyaser Lomi Rihi menyampaikan hal ini kepada wartawan di Oelamasi, Selasa (19/3/2019).

KPU Sumbar Terus Kebut Sortir Dan Lipat Surat Suara

Sortir Surat Suara di KPU Kota Kupang Sudah 70 Persen

Ely menjelaskan, proses penyortiran surat suara memang sudah selesai, namun secara internal KPU akan memeriksa kembali apakah betul-betul sudah lengkap atau belum per kecamatan.Apalagi saat ini cukup banyak ditemukan kerusakan akibat rembesan tinta yang mengenai calon.

Setelah sudah lengkap barulah dimasukan ke kotak suara sebelum dihantar ke kecamatan dan desa.

Menurut Ely, surat suara yang telah disortir memang ditemukan kerusakan untuk semua baik DPR RI, DPD, DPRD Provinsi maupun kabupaten. Untuk surat suara DPR RI yang rusak sekitar 90.000-an, DPD RI  sekitar 80.000-an, Pilpres, DPR Provinsi dan kabupaten berkisar diatas 20.000-an.

"Kita buatkan berita acara lalu sampaikan ke perusahaan yang cetak supaya segera digantikan yang baru. Harapannya lebih cepat karena jumlahnya cukup banyak. Setelah dikirim dari perusahaan maka sortir lagi," katanya.

Tentang keamanan dan kenyamanan surat suara dalam kotak suara, Ely mengatakan, pihaknya telah menyampaikan ke perusahaan supaya menyediakan pula terpal.

Ramalan Zodiak Cinta Hari Ini, Selasa 19 Maret 2019, Aries Keras Kepala, Virgo Bisa Mengubah Dunia

Polres dan Kodim 1625/Ngada Adakan Safari Pemilu Damai, Ini Bentuknya

Maksudnya ketika dimasukan dalam truk bagian bawahnya dialas terpal kemudian bagian ataspun ditutupi terpal. Kotak suarapun akan dilapisi plastik sehingga terhindar dari rembesan air hujan untuk masuk ke dalam kotak yang bisa merusak surat suara.

"Kita juga masih kekurangan formulir juga logistik lain. Kita bersyukur bahwa sebagian besar logistik sudah siap dan yang kurang kita lengkapi. Dengan begitu tidak merepotkan karena waktu pelaksanaan pemilu sudah hitung minggu saja," jelas Ely. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved