Operator Traktor dan Petani di Malaka Dibekali Pengetahuan Alsintan

Para operator handtracktor dan petani pengguna mesin tractor merek Kubota di Kabupaten Malaka mendapat pelatihan tentang alsintan

Operator Traktor dan Petani di Malaka Dibekali Pengetahuan Alsintan
POS-KUPANG.COM/TENY JEHANAS
petani di Malaka usai mengikuti pelatihan alsintan 

Operator Traktor dan Petani di Malaka Dibekali Pengetahuan Alsintan

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS-KUPANG.COM| BETUN- Para operator handtracktor dan petani pengguna mesin tractor merek Kubota di Kabupaten Malaka mendapat pelatihan tentang alsintan atau alat mesin pertanian.

Kegiatan berlangsung di Aula Dinas TPHP, Selasa (19/3/2019). Kegiatan berlangsung selama dua hari dengan jumlah peserta 30 orang. Kegiatan dihadiri perwakikan dari BBPP Kupang, Mawalluddin, Kadis TPHP Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak,
dan Kepala Operasional PT. KUBOTA Indonesia, Andi.

Pelatihan ini merupakan kerja sama Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang dan PT. KUBOTA Indonesia Cabang Mataram.

Petani, Buruh dan Pelaku UMKM di Mojokerto dialog dengan Sandiaga Uno, Ini Keluhan Mereka

Tujuan pelatihan tersebut adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi operator dan para petani yang menggunakan handtractor merk kubota. Pengetahuan itu berkaitan dengan cara mengoperasikan mesin traktor dan cara merawat (maintenance).

Perwakilan dari BBPP Kupang, Mawalluddin mengatakan, BBPP Kupang menyelenggarakan pelatihan
Tematik Alsintan Non Aparatur Angkatan ke IV di Kabupaten Malaka.
Pelatihan yang sama juga dilakukan di empat kabupaten lainnya yakni, Kabupaten TTS, TTU, Belu dan Sumba Timur.

Tujuan pelatihan ini untuk melatih para operator dan petani tentang cara merawat dan mengoperasikan handtractor kubota. Dengan bekal pengetahuan yang memadai, para operator dan petani dapat mengoperasikan mesin traktor dengan baik serta dapat merawatnya dengan baik pula.

BBPP Kupang Beri Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi Petani di Belu

Mawalluddin mengaharapkan, dengan adanya pelatihan ini, pengetahuan dan ketrampilan petani serta operator dalam mengoperasi mesin traktor semakin baik sehingga berdampak pada optimalnya pengolahan lahan pertanian di Malaka.

Kepala Operasional PT KUBOTA Indonesia, Andi mengatakan, menajemen PT KUBOTA memberikan apresiaisi kepada Pemkab Malaka melalui Dinas TPHP yang telah berkerja sama untuk memberikan pelatihan kepada operator dan petani pengguna mesin traktor KUBOTA.

PT KUBOTA siap memberikan pelatihan kapan saja kepada masyarakat Malaka yang menggunakan traktor mesin kubota.

Untuk saat ini, salah satu bentuk dukungan dari PT Kubota adalah membuka bengkel kubota di Harekakae. Ketika operator atau petani menemukan kesulitan bisa mendatangi bengkel kubota untuk berkonsultasi dengan Mekanik, Yeremias Fanggidae.

Puso Mengancam Tanaman Padi Petani di Kabupaten Kupang, Ini Penjelasannya

Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Malaka, Yustinus Nahak mengharapkan kepada peserta untuk serius mengikuti kegiatan selama dua hari. Pelatihan ini merupakan kesempatan emas bagi peserta yang adalah operator dan ketua kelompok tani.

Yustinus menambahka, luas lahan garapan sawah untuk Revolusi Pertanian Malaka (RPM) semakin berkembang. Pemda Malaka bersama Tim Pakar RPM terus mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian.

Sampai keadaan 19 Maret 2019, luas tanam sawah telah mencapai 5.281 hektare dari target 7.500 hektate. Yustinus optimis, luas tanam sawah tahun ini akan mencapai target bahkan lebih. (*).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved