KPU Malaka Berharap Parpol Utus Saksi yang Sudah Dibekali ke TPS

KPU dan Bawaslu memegang teguh pada regulasi yang sama sehingga tidak ada ruang untuk melakukan hal-hal yang diluar regulasi.

KPU Malaka Berharap Parpol Utus Saksi yang Sudah Dibekali ke TPS
POS-KUPANG.COM/Teni Jenahas
Jurubicara KPU Malaka, Yosep Nahak 

KPU Malaka Berharap Parpol Utus Saksi yang Sudah Dibekali ke TPS

POS-KUPANG.COM| BETUN---Komisi Pemilihan Umum (KPU) Malaka mengharapkan partai politik yang mengutus saksi ke TPS mesti saksi yang sudah dibekali. Tujuannya agar saksi memahami secara benar seluruh proses tahapan yang terjadi di TPS.

Harapan ini disampaikan Juru bicara KPU Malaka, Yosep Nahak kepada Pos Kupang.Com, Selasa (19/3/2019). Menurut Nahak, kategori saksi pada pemilu serentak tahun ini yakni, saksi paslon presiden dan wakil presiden, saksi DPD dan saksi parpol.

Ini Perkembangan Kasus Pencemaran Nama Baik di Medsos

Di California-Amerika Serikat, Mantan Presiden Ditangkap karena Mabuk di Restoran

BLACKPINK Baru Saja Selamatkan YG Entertainment, Ternyata Hal Kecil Ini yang Mereka Lakukan

Janji Bupati Kamelus Pasang WiFI Gratis di Rumah Wunut Sudah Disikapi Dinas Kominfo Manggarai

Saksi paslon presiden dan wakil presiden dua orang, saksi DPD 36 orang dan saksi parpol 16 orang. Total saksi 54 orang. Keberadaan saksi yang begitu banyak tentu menjadi salah satu potensi kerawan jika terjadi suata persoalan di TPS.

Ditambah lagi saksi yang hadir tidak pernah mendapat pembekalan.

Hal yang bisa terjadi di tingkat TPS adalah perdebatan antara saksi dan penyelenggara. Hal ini tentu memperlambat waktu penggambilan sebuah keputusan.

Untuk mengantisipasi hal seperti itu, Yosep Nahak mengatakan, KPU dan Bawaslu memegang teguh pada regulasi yang sama sehingga tidak ada ruang untuk melakukan hal-hal yang diluar regulasi.

Kemudian, parpol diharapkan untuk mengutus saksi yang sudah dibekal saat bertugas di TPS. Pembekalan saksi biasanya dilakukan Bawaslu. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved