BTN KC Kupang Terapkan Sistem 1 5 1 untuk KPR

Bank Tabungan Negara menawarkan dua program KPR yaitu KPR BTN Subsidi dan KPR BTN Mikro.

BTN KC Kupang Terapkan Sistem 1 5 1 untuk KPR
Pos Kupang.com/Yeni Rachmawaty
Adrian P Marbun 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Bank Tabungan Negara menawarkan dua program KPR yaitu KPR BTN Subsidi dan KPR BTN Mikro.

Bagi masyarakat yang ingin mengkredit rumah melalui BTN dengan KPR BTN Subsidi, maka suku bunga yang ditawarkan 5%, dengan jangka waktu cicilan 20 tahun, uang muka 1 persen dan SBUM Rp 4 juta. Jadi minimal nasabah menyiapkan dana di awal sekitar mulai Rp 9 jutaan hingga Rp 11 juta.

Branch Manager BTN KC Kupang, Adrian Paul Marbun, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan KPR Subsidi diperuntukan bagi masyarakat dengan penghasilan di bawah Rp 4 juta, mulai dari UMR pun bisa mengkredit rumah.

"Kami juga melihat sudah mulai banyak peminatnya. Baik swasta atau non fix income. Tapi kami juga melihat kapasitas dari calon debitur untuk bisa mengangsur rata-rata Rp 900-an per bulan," tuturnya.

Kesiapan Pemilu Sudah 80 Persen, Begini Penjelasan Ketua KPU RI

KPR di BTN, kata Adrian, prosesnya lebih cepat dan tidak bertele-tele, dengan menggunakan sistem 151. Satu hari oengajuan dan interview, lima pemprosesan, setelah dilihat maka direalisasi.

"Dengan sistem ini banyak developer menyadari kecepatan BTN dan mayoritas di atas 75 persen KPR di BTN. Selebihnya ada di Bank lainnya," tuturnya.

Selanjutnya, juga ada KPR BTN Mikrro, dengan program ABCG (Academic, Business, Community, Goverment) dalam rangka mendukung masyarakat, khususnya yang bekerja pada sektor informal untuk memiliki rumah secara swadaya, dengan uang muka mulai 1%, jangka waktu, 10 tahun dan suku bunga 9%.

Nasabah bisa gunakan KPR BTN Mikro untuk pembelian rumah tapak, renovasi rumah, bangun rumah di lahan sendiri dan pembelian lahan.

Realisasi tahun 2018 untuk KPR Subsidi sekitar 900 unit rumah dengan nominal Rp 120-an miliar.  KPR hanya bisa dilakukan oleh developer yang tergabung dalam asosiasi seperti REI. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved