Berita Pendidikan

Bekali Tamatan di Dunia Kerja, Siswa SMAN 3 Waingapu Belajar Bahasa Jepang

Siswa SMA Negeri 3 Waingapu di Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, belajar bahasa Jepang.

Bekali Tamatan di Dunia Kerja, Siswa SMAN 3 Waingapu Belajar Bahasa Jepang
Robert Ropo
Belajar bahasa jepang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Para siswa dari SMA Negeri 3 Waingapu, di Kelurahan Kambajawa, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, belajar bahasa Jepang. Hal ini karena pelajaran bahasa Jepang juga sudah masuk dalam ujian nasional.

Guru bahasa Jepang SMA Negeri 3 Waingapu, Juniaty Simanullang, S.Pd yang ditemui, Minggu (17/3/2019) mengatakan, salah satu mata pelajaran yakni pelajaran bahasa Jepang di sekolah tersebut sudah diterapkan sejak tahun 2014 lalu.

Kata dia, diterapkannya mata pelajaran itu di sekolah itu dengan tujuan agar para siswa mengetahui bahasa Jepang sebagai negara persahabatan Indonesia dan Jepang.

KPU Flotim Kerahkan 130 Relawan Sortir Surat Suara

Sehingga kelak nanti di dunia kerja, menjadi modal bagi para siswa apalagi mereka bekerja di dunia bisnis atau bekerja di negara Jepang paling tidak sedikit sudah memahami bahasa Nasional Jepang.

Juniaty juga mengatakan, dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Jepang, pihaknya dengan berbagai macam cara dalam memberikan pembelajaran kepada para siswa agar para siswa dapat memahami dengan cepat.

Juniaty mengatakan, cara-cara itu selain belajar mengajar di kelas dengan menggunakan media pembelajaran, para siswa juga melakukan belajar di lapangan dengan mengunjungi pasar kemudian. Disana mereka mengecek harga, nama barang yang dijual, maupun berbelanja juga diwajibkan menggunakan bahasa Jepang.

Selain itu, para siswa juga sebagai generasi millenial terlibat dalam menanam anakan bakau, Jumat (15/3/2019). "Kita juga dalam mata pembelajaran bahasa Jepang ini, kita juga kerja sama dengan guru dari LIFE jepang. Mereka juga sering datang membantu kita untuk cara pembelajaran bahasa Jepang ini yang juga dibantu difasilitasi oleh Radio Max FM Waingapu," kata Juniaty.

Mobil Tangki Terjungkal di Lorong Banwas Ende, Ini yang Terjadi

Kepala SMA Negeri 3 Waingapu, Melkianus Nggaba Ngunjurawa mengatakan, pembelajaran bahasa Jepang ini juga, para siswa dilibatkan di luar atau di lapangan seperti menanam pohon bakau. Melkianus mengatakan, mengapa pelajaran bahasa Jepang diterapkan di sekolah itu, karena diketahui Jepang merupakan negara di benua Asia yang memiliki sains teknologi yang maju baik di bidang ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya.

"Melalui kerja sama ini, anak-anak bisa berkomunikasi bahasa Jepang. Sehingga disaat di dunia kerja nanti, kalau ada yang mau kerja di luar negeri pun, Jepang bisa jadi salah suatu negara pilihan untuk berkerja," pungkas Melkianus.

DPRD Ende Minta Pemerintah Serius Tangani Abarasi di Maukaro

Pantauan Pos Kupang, Sabtu (16/3/2019) terlihat di dua ruangan kelas bahasa di SMA Negeri 3 Waingapu yang dijadikan tempat belajar. Nampak puluhan para siswa-siswi mengikuti pembelajaran bahasa Jepang.

Puluhan para siswa itu dibimbing langsung oleh para guru bahasa Jepang dibantu oleh para guru dari LIFE Jepang. Para siswa tampak sangat ceriah ketika disuruh menyebutkan kata dalam bahasa Jepang, atau pun disuruh tulis dalam bentuk huruf Jepang di papan tulis. Mereka tampak saling berebutan.

Selain itu, mereka juga tanpak dibimbing dengan menggunakan sejumlah media berupa gambar kemudian disuruh mereka menyebutkan nanama-nama pada bagian-bagian tubuh milik manusia dengan bahasa Jepang, dan juga melakukan game (permainan) dalam bahasa Jepang. (*)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved