Ini Persiapan yang Dilakukan Dinkes TTU Agar Semua Puskemas Terakreditasi Pada Tahun 2019

pihaknya juga memberikan memotivasi dan bimbingan serta pembekalan kepada para petugas.

Ini Persiapan yang Dilakukan Dinkes TTU Agar Semua Puskemas Terakreditasi Pada Tahun 2019
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, dr. Zakarias Fernandes. 

Ini Persiapan yang Dilakukan Dinkes TTU Agar Semua Puskemas Terakreditasi Pada Tahun 2019

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Pemerintah Kabupaten TTU dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten TTU terus melakukan persiapan agar semua puskemas dapat diakreditasi tahun 2019 ini.

Salah satu persiapan yang biasanya dilakukan adalah dengan memberikan gambaran tentang peraturan perundang-undangan yang mewajibkan agar semua puskesmas diakreditasi.

"Persiapan biasanya dengan cara memberikan gambaran tentang undang-undang dan regulasi yang mewajibkan agar diakreditasi, karena juga termasuk target RPJMD dibidang kesehatan," kata Kadis Kesehatan TTU dr. Zakarias Fernandes kepada Pos Kupang, Sabtu (16/3/2019).

Warga Sarasedu Antusias Ikut Kegiatan Menganyam Bere

Brenton Tarrant, Pelaku Penembakan di Selandia Baru, Rencanakan Teror 2 Tahun Lalu, Ini Alasannya

Pemkab TTU Targetkan Semua Puskesmas Diakreditasi Tahun 2019

Setelah memberikan gambaran mengenai peraturan perundang undangan mengenai akreditasi puskesmas, lanjut dr. Zakarias, pihaknya juga memberikan memotivasi dan bimbingan serta pembekalan kepada para petugas.

"Agar mereka mempunyai gambaran kira-kira apa yang harus dilakukan. Dan sebagai dinas teknis kita terus membackup mereka agar target puskesmas terakreditasi dapat tercapai," jelasnya.

Lebih jauh, dr. Zakarias mengatakan, pihaknya juga memberikan pembekalan mengenai sistem penilaian akreditasi terbaru, yang harus disiapkan oleh para petugas akreditasi.

Selain itu, tambah dr. Zakarias, pihaknya juga membentuk tiga pokja yang akan di nilai dalam akreditasi puskemas. Tiga pokja tersebut yaitu pokja manajemen atau administrasi, pokja Upaya Kesehatan Perorangan (UPK) dan Pokja Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM).

Setelah membentuk pokja, lanjut dr. Zakarias, pihaknya akan membagi para petugas dari Dinas Kesehatan menjadi beberapa tim untuk melakukan pendampingan terhadap puskemas.

"Jadi nanti tim ini mereka akan turun melakukan pembinaan secara terinci, untuk persiapan di masing- masing puskesmas," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved