Masih Rendah Kesadaran Wajib Pajak di Lembata

Kesadaran wajib pajak di Kabupaten Lembata,masih rendah. Buktinya, banyak wajib pajak di daerah itu belum melaporkan SPT ke KPP Pratama Maumere

Masih Rendah Kesadaran Wajib Pajak di Lembata
POS-KUPANG.COM/FRANS KROWIN
PNS hadir dalam acara Pekan Panutan Pelaporan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2018 di Aula Kantor Bupati Lembata, Jumat (15/4/2019). 

Masih Rendah Kesadaran Wajib Pajak di Lembata

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA- Kesadaran wajib pajak di Kabupaten Lembata, masih rendah. Mayoritas wajib pajak di daerah ini tidak menunaikan kewajibannya melaporkan SPT Tahunan ke Kantor Pelayanan Pajak Pratama Maumere.

"Kesadaran wajib pajak di Lembata ini masih rendah. Rendahnya kesadaran wajib pajak itu termasuk di kalangan aparat sipil negara (ASN). Banyak pegawai negeri sipil yang belum sadar untuk melaporkan SPT Tahunan kepada kantor pelayanan pajak. Kami berharap keadaan ini bisa diperbaiki untuk tahun-tahun ke depan."

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Maumere, Bonarsius Sipayung saat memberikan sambutan pada pembukaan Pekan Panutan Pelaporan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2018 di Aula Kantor Bupati Lembata, Jumat (15/3/2019).

Cara Mudah dan Cepat Laporan Pajak SPT Tahunan Online, Cukup 10 Menit dan Tak Pakai Ribet

Wajib Pajak Di Kupang Lebih Banyak Lapor SPT dengan E Filling

Sipayung juga memberikan apresiasi atas kehadiran Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur bersama unsur Forkompinda, para kepala OPD serta sejumlah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lembata.

Dia menyebutkan kehadiran para peserta untuk mengikuti acara Pekan Panutan tersebut, jauh lebih bagus dibandingkan dengan pelaksanaan acara serupa di Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim). Pasalnya, di Larantuka yang hadir dalam acara seperti itu sangat sedikit.

"Saya memberikan apresiasi atas kehadiran Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh staf (ASN) serta bapa-bapa dari unsur Forkompinda. Saya juga gembira karena aula yang besar ini penuh peserta. Kami harap ini merupakan awal yang baik untuk kesadaran wajib pajak dalam melaporkan SPT tahunannya," ujar Sipayung.

Dikatakannya, selama ini manajemen KPP Pratama Maumere selalu memberikan sosialisasi tentang pentingnya para wajib pajak melaporkan SPT Tahunannya setiap tahun. Sebab laporan SPT Tahunan oleh wajib pajak, memudahkan KPP mengetahui perkembangan pajak dari tahun ke tahun.

Diungkapkannya, di Indonesia pajak yang dibayar wajib pajak, digunakan untuk kepentingan pembangunan. Dan, 85 persen dari pelaksanaan pembangunan di tanah air, sumber biayanya dari pajak yang disetor oleh para wajib pajak. Untuk itu kesadaran wajib pajak sangat penting bagi pemerintah untuk merencanakan dan mengatur pembangunan di negara ini, termasuk Kabupaten Lembata.

Ternyata Daftar SPt Online Lebih Mudah, Begini Caranya

Josef Nae Soi Imbau Wajib Pajak Lapor SPT Gunakan e-Filing

Untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak melaporkan SPT Tahunan, kata Sipayung, pihaknya berharap pegawai negeri dan para pejabat di daerah ini menjadi tokoh panutan masyarakat dalam hal pembayaran pajak. "Ke depan, para ASN hendaknya menjadi panutan masyarakat, termasuk dalam hal membayar pajak dan melaporkan SPT Tahunan sebelum batas waktu yang ditentukan," ujarnya. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved