Dandim Manggarai Buat Kebun Contoh Untuk Petani Manggarai

Di lahan seluas 3 Ha itu Dandim Rudi terus mengawasi dan melihat perkembangan pengolahan lahan yang akan ditanami tanaman hortikultura.

Dandim Manggarai Buat Kebun Contoh Untuk Petani Manggarai
POS-KUPANG.COM/Aris Ninu
Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos 

Dandim Manggarai Buat Kebun Contoh Untuk Petani Manggarai

POS-KUPANG-COM|RUTENG--Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf.Rudi Markiano Simangunsong, S.Sos yang masih mengenakan pakaian dinas lalu mengenakan sepatu lumpur, Kamis (14/3/2019) siang terus mengontrol anggotanya bersama masyarakat.

 Yang mana sang dandim mengecek dan memeriksa lokasi Kebun Percontohan Hortikultura Kodim 1612 Manggarai yang terletak di samping Bandara Frans Sales Lega, Ruteng, Kelurahan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong.

 Di lahan seluas 3 Ha itu Dandim Rudi terus mengawasi dan melihat perkembangan pengolahan lahan  yang akan ditanami tanaman hortikultura.

 Sambil memegang kayu di tangannya Dandim Rudi tampak bersemangat agar kebun yang diolah terus benar-benar bisa berguna bagi petani Manggarai.

KPU Belu Khawatir Parpol Salah Utus Saksi. Ini Potensi Masalahnya

Pemerintah Desa Fatusene Konsen Bangun Dibidang Peternakan

Bedah Rumah Heronimus di Malaka Hampir Rampung

“Saya ingin kebun ini jadi pusat pelatihan petani Manggarai. Kebun ini bisa jadi agro wisata. Maka itu saya setiap hari akan cek di lokasi. Saya sudah sampaikan kepada anggota saat ini kita jangan banyak omong. Kita tunjukkan kepada petani kalau dengan menanam sayur kita bisa hidup. Ini saatnya kita kerja dan tunjukkan kepada masyarakat. Kebun percontohan ini adalah lahan milik Bandara Frans Sales Lega yang kami olah dan manfaatkan untuk menanaman tanaman hortikultura,” kata Dandim Rudi di Kebun Percontohan Hortikultura saat ditemui POS-KUPANG.COM, Kamis (14/3/2019) siang.

 Ia menjelaskan, apa yang dilakukan Kodim Manggarai sesuai dengan amanat dan harapan instistusi yang harus dijabarkan dalam bentuk dan aksi yang nyata.

 “Kami sebagai TNI memilikki tugas dan tanggungjawab dalam rangka pendampingan kepada petani dalam meningkatkan swasembada pangan. Yang kami lakukan ini dalam rangka pendampingan swasembada pangan. Kami bentuk kelompok tani lalu melibatkan masyarakat agar bisa menanam sayur. Kelompok tani yang kami bentuk ini anggota adalah anggota TNI dan warga. Ada bantuan dari pemerintah agar kelompok tani ini bisa menanam sayur,” ujar Dandim Rudi.

 Siang itu saat ditemui Dandim Rudi yang sedang melihat traktor membajak lahan seluas 3 Ha dan warga yang membersihkan  lahan mengaku ke depan pihaknya ingin kebun percontohan ini menjadi tempat pelatihan petani Manggarai.

 “Kalau ada petani yang mau belajar tanam sayur silahkan datang. Kalau ada anak muda yang mau foto di kebun sayur silahkan datang saja. Maka itu, kami rancang agar ada jalan masuk dan pagar di bagian depan,” papar Dandim Rudi.

 Harapan dan cita-cita Dandim Rudi agar lahan yang diolah menjadi tempat pelatihan mendapat dukungan penuh dari Pemkab Manggarai dan Dinas Pertanian Manggarai.

TNI Buat Kebun Bersama Anak Sekolah SMKN Lamaknen Selatan

Tiga Peringatan Dini Hari Ini! Mulai Hujan Lebat, Hujan Disertai Petir, dan Potensi Gelombang Tinggi

 “Wabup Manggarai sudah ke lokasi dan saya setiap hari kalau tidak ada di kantor berarti saya lagi berada di kebun. Saya ingin kebun ini bisa menjadi bukti agar petani bisa melihat tanah kita subur dan bisa mendatangkan kemajuan bagi masyarakat,” ujar Dandim Rudi.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved