Pemerintah Provinsi NTT Komit Pelaksanaan UNBK Di Sekolah Masing-Masing

Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen mulai tahun 2020, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer dilaksanakan di sekolah masing-masing

Pemerintah Provinsi NTT Komit Pelaksanaan UNBK Di Sekolah Masing-Masing
POS KUPANG/DION KOTA
UNBK 

Pemerintah Provinsi NTT Komit Pelaksanaan UNBK Di Sekolah Masing-Masing

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Pemerintah Provinsi NTT berkomitmen  mulai tahun 2020, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah bisa dilaksanakan di sekolah masing masing. Pasalnya selama ini, pelaksanaan UNBK untuk sebagian sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan masih dilaksanakan “menumpang” di sekolah lain.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi NTT Drs Pius Rasi kepada POS-KUPANG.COM saat menginspeksi pelaksanaan gladi UNBK untuk SMAN 2 Amarasi Barat Kabupaten Kupang dan SMA Tunas Harapan Kupang di SMK Negeri 1 Kupang pada Selasa (12/3/2019) siang.

Rasi mengungkapkan, hingga tahun berjalan memang masih terdapat masalah sarana prasarana di beberapa sekolah seperti kekurangan perangkat komputer, kesulitan jaringan hingga keterbatasan listrik, tetapi diharapkan pada tahun depan semua sekolah sudah bisa melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing.

Sekolah di Kota Kupang Ini Laksanakan UNBK Mandiri

SMK Negeri 1 Wulanggitang Siap Hadapi USBN/UNBK

“Itu komitmen Pemerintah Provinsi NTT bahwa 2020 semua harus melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing,” papar Rasi.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, komitmen itu telah ditegaskan langsung oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, sehingga pihaknya siap untuk menyukseskan komitmen tersebut.

“Kemarin Pak Gubernur sudah sampaikan bahwa 2020 semua sekolah harus laksanakan di sekolah masing-masing dan Pemda akan siapkan fasilitas,” paparnya.

Ia juga menyatakan bahwa pihak Dinas Pendidikan sedang menginventaris kebutuhan seluruh sekolah agar bisa dilaksanakan pengadaan sarana prasarana untuk mendukung komitmen gubernur tersebut.

Ternyata Ini Kendala Beberapa SMP di Nagekeo Tak Laksanakan UNBK

Hanya 25 SMP di Nagekeo yang akan Adakan UNBK 2019

“Sekarang kami lagi inventaris dan pendataan, sekolah-sekolah yang punya komputer berapa, nanti akan dibantu oleh pemerintah supaya jangan membebankan masyarakat,” katanya.

Rasi juga memaparkan, berdasarkan data di Dinas Pendidikan Provinsi, pada tahun berjalan sebanyak 87% SMK telah melaksanakan UNBK sedangkan 13 % masih melaksanakan UNKP. Sedangkan untuk kategori SMA, sebanyak 78% sudah melaksanakan UNBK dan sisanya 22% masih melaksanakan UNKP. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved