Status Primer Nasional, Kopdit Pintu Air Kembangkan Sayap ke Seluruh Indonesia

Kopdit Pintu Air Rotat di Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, resmi menyandang status Koperasi Primer Nasional.

Status Primer Nasional, Kopdit Pintu Air Kembangkan Sayap ke Seluruh Indonesia
POS-KUPANG.COM/Eginius Mo'a
Yakobus Jano 

POS-KUPANG.COM |MAUMERE - Dua tahun lebih menunggu, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Pintu Air Rotat di Desa Ladogahar, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi NTT, resmi menyandang status Koperasi Primer Nasional.

Dengan status baru ini, manajemen Pintu Air tidak ragu-ragu mengembangkan sayap ke seluruh Nusantara.

"Sebelumnya ada status primer nasional, kami agak ragu-ragu melangkah membuka cabang di berbagai daerah di Indonesia. Tapi, dengan status yang baru ini tentu lebih leluasa," kata Ketua KSP Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano, Senin (11/3/2019) di Rotat, 12 Km arah barat Kota Maumere.

Kasus Judi di TTU, Polisi Tetapkan Broni Nurak Sebagai Tersangka

Dia menjelaskan perubahan wilayah keanggotaan yang semula lintas kabupaten/kota menjadi lintas propinsi berdasarkan surat keputusan Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI Nomor 000036/PAD/Dep.1/II./2019 tanggal23 Februari 2019 ditandatangani Deputi Bidang Kelembagaan, Prof. Rully Indrawan,M.Si.

Bupati Nagekeo Jamu Tim Sisters Hospital RSUP Sardjito dan UGM

Perubahan status itu diserahkan pengurus Dekopinwil NTT, Drs. Dominggus Ancis, dalam pra RAT Cabang Kupang di Hotel Romita Kupang, tanggal 7 Maret 2019.

Menurut Jano, perubahan status primer nasional dimaknai sebagai gerakan pemberdayaan dari kampung ke level nasional mencakup semua propinsi di Indonesia. Ia mengakui persaingan makin berat dengan koperasi lainnya,meski KSP Pintu Air berbasis dari dusun.

"Langkah konkrit kami menyatukan berbagai suku, bangsa, bahasa dan agama harus diwujudnyatakan dalam koperasi. Bukan hanya sebatas kata-kata. Kopdit Pintu Air sedang bergerak ke arah sana menyatukan ragam suku,bangsa, agama dan budaya dalam koperasi. Kami ingin mewujudkan Bhineka Tunggal Ika," kata Jano, pendiri dan perintis Pintu Air.

Sekretaris KSP Kopdit Pintu Air, Martonsius Juang, menambahkan, saat ini telah ada tiga koperasi di NTT menyandang status Primer Nasional selain TLM GMIT dan KSP Kopdit Swastisari Kupang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved