Perangi DBD, Max FM Gandeng PT MSM Gelar Donor Darah

Radio Max FM Waingapu bekerja sama dengan PT Muria Sumba Manis ( MSM ) menggelar aksi Donor Darah.

Perangi DBD, Max FM Gandeng PT MSM Gelar Donor Darah
POS-KUPANG.COM/Robert Ropo
Para pendonor sedang mendonorkan darah. 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU - Memprihatinkan kondisi warga masyarakat korban demam berdarah dangue ( DBD ) yang semakin berkecamuk sepanjang tahun 2019 ini. Pihak Radio Max FM Waingapu bekerja sama dengan PT Muria Sumba Manis ( MSM ) dan didukung RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, PMI, Wings Food, Viva Cosmetik menggelar aksi Donor Darah.

Aksi donor darah tersebut berlangsung di Studi Radio Max FM Waingapu, Sabtu (9/3/2019) sore hingga malam hari.

Hadir dalam aksi donor darah tersebut puluhan para karyawan dari PT MSM, para karyawan dari Radio Max FM, para wartawan, dan masyarakat di Kota Waingapu yang berjumlah sekitar 90 orang.

BMKG Sebut Fenomena Cuaca Ini Sangat Berbahaya

Dalam aksi donor darah tersebut petugas medis dari RSUD Umbu Rara Meha Waingapu yang dipimpin oleh Dr. Maria Yosefina Mau Hera, Sp.PK.,M.Erg berhasil menyadap 34 kantong darah dari para pendonor, dengan rincian golongan darah A sebanyak 10 kantong, golongan darah O sebanyak 11 kantong darah, golongan darah B sebanyak 10 kantong darah, dan golongan darah AB sebanyak 3 kantong darah.

BREAKING NEWS: Ibu Hamil 7 Bulan di Sumba Timur Meninggal Dunia Akibat Diserang DBD

Direktur Radio Max FM Waingapu, Heinrich Dengi kepada wartawan mengatakan aksi donor darah di Radio Max FM sebenarnya dilakukan secara rutin pada tiap 3 bulan. Apalagi saat ini lagi Sumba Timur dilanda wabah DBD, sehingga kebutuhan darah sangat tinggi.

"Kita berharap sedikit yang ada darah dari aksi donor darah ini bisa membantu bagi pasien DBD yang membutuhkan darah trombosit," ungkap Heinrich.

Kata dia, pada aksi donor darah kali ini, pihaknya bekerja sama dengan PT MSM dan didukung oleh RSUD Umbu Rara Meha Waingapu, PMI, Wings Food, Viva Cosmetik.

Publik Affair dan Humas PT MSM Dodi P. Matulesi juga kepada wartawan mengatakan terkait memerangi DBD ini pihaknya melakukan berbagai macam serangkain kegiatan berupa aksi donor darah, dan bersih-bersih lingkungan.

Hal ini juga sebagai bentuk paran aktif perusahan untuk turut mendukung program pemerintah daerah serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebresihan lingkungan.

Dodi mengatakan, dalam aksi donor darah pihaknya gandeng dengan Radio Max FM dan menggerakan sebagian besar karyawan PT MSM untuk turut berpartisipasi untuk terlibat mendonorkan darah.

"Diharapkan darah yang didonor dalam aksi donor darah ini disalurkan ke PMI untuk membantu para korban DBD yang masih menjalani perawatan di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu," ungkap Dodi.

"Ya kita berharap semoga wabah DBD ini segera menurun, dan saudara-saudara kita yang sedang ditangani pun segera pulih," ungkap Dodi.

Menurut Dodi, pemberantasan nyamuk DBD ini sebenarnya mudah dimana salah satu cara yang paling efektif adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara serentak dan berkesinambungan, namun pelaksanaannya tidak mudah karena ini terkait perilaku kita sendiri. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved