Bencana Manggarai Barat: Alat Berat Bersihkan  Longsoran di 16 Titik Jalan Nasional

Dua alat berat membersihkan material longsoran dari arah Labuan Bajo. Sedangkan dua alat berat lainnya bersih dari arah Ruteng. Dari arah Labuan Bajo

Bencana Manggarai Barat: Alat Berat Bersihkan  Longsoran di 16 Titik Jalan Nasional
POS KUPANG/IST
bencana labuan bajo 

Laporan Reporter POS--KUPANG.COM, Servatinus Mammilianus

POS--KUPANG.COM | LABUAN BAJO--Sebanyak empat unit alat berat yang terdiri dari loder, dek loder dan eksavator membersihkan atau menggusur material longsoran di 16 titik pada ruas jalan nasional yang menghubungkan Labuan Bajo - Ruteng.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Ovan Adu, menyampaikan bahwa pihaknya bersama PPK ruas jalan nasional bersama-sama melakukan penggusuran.

"Dua alat berat membersihkan material longsoran dari arah Labuan Bajo. Sedangkan dua alat berat lainnya bersih dari arah Ruteng. Dari arah Labuan Bajo terdiri dari loder dan dek loder.

Sedangkan dari arah Ruteng terdiri dari eksavator dan loder. Saat ini mereka sudah sampai di Blok S," kata Ovan Adu saat dikonfirmasi POS--KUPANG.COM, Jumat (8/3/2019).

Dia menambahkan, material longsoran yang merupakan campuran lumpur dan air membuat pekerjaan agak lambat.

Pihaknya kata dia mendapat bantuan alat berat dari rekanan yaitu dari Floresco yang menggusur dari arah Ruteng.

Untuk diketahui, longsoran terjadi saat hujan lebat mulai Rabu (6/3/2018) malam sampai Kamis (7/3/2019).

Hujan yang berlangsung sekitar 15 jam itu mengakibatkan ruas jalan nasional Labuan Bajo - Ruteng lumpuh total akibat longsor yang tersebar di 16 sampai 18 titik.
Selain ruas jalan, ada juga jembatan yang roboh. Antara lain Jembatan Wae Lia di Culu Desa Tondong Belang, Kecamatan Mbeliling, Mabar.

Ruas jalan nasional tersebut untuk wilayah Mabar melintas di empat kecamatan, yaitu Komodo, Mbeliling, Sanonggoang dan Lembor. Namun yang mengalami kerusakan akibat hujan terjadi di tiga kecamatan, kecuali Komodo.

Di Kecamatan Komodo akibat hujan pada hari yang sama itu terjadi banjir di Gorontalo, Nanga Nae dan Lobohosu Desa Golo Bilas.

Bencana di Manggarai Barat: Ratusan Pengungsi Ditampung di Polres Mabar

Warga dari Gorontalo dan Nanga Nae pada Kamis pagi dievakuasi ke Kantor Sar Labuan Bajo dan ke aula Polres Mabar.

Di Kantor Sar sebanyak 63 orang dan di Polres 71 orang. Sejumlah warga tersebut sebagian besarnya ibu-ibu dan anak-anak.

Pada Hari Jumat beberapa di antara mereka pulang ke rumahnya untuk mengecek keadaan.(*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved