Setiap Jumat Dukcapil Nagekeo Pindah Kantor ke Desa

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nagekeo setiap hari Jumat pindah kantor ke desa.

Setiap Jumat Dukcapil Nagekeo Pindah Kantor ke Desa
foto dari Dukcapil Nagekeo untuk Pos Kupang.Com
Petugas Dukcapil Nagekeo saat melakukan perekaman KTP-el bagi Masyarakat Desa Wajo Timur di Kantor Camat Keo Tengah Kabupaten Nagekeo, Jumat (1/3/2019). 

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nagekeo setiap hari Jumat pindah kantor ke desa.

Kepala Dinas Dukcapil Nagekeo, Weke Andreas, menjelaskan, program pelayanan langsung di desa ini hanya dilaksanakan pada hari Jumat setiap minggu.

Sedangkan pada hari Senin sampai dengan Kamis Dinas Dukcapil melaksanakan pelayanan harian di kabupaten sejak pukul 07.15 pagi sampai dengan pukul 14.45 siang.

Ia menjelaskan upaya tersebut dilakukan untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan baik KTP, Akte Kelahiran, Akta Nikah maupun akta kematian, maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memindahkan kantor ke setiap Desa diwilayah kabupaten Nagekeo setiap hari Jumad dalam seminggu.

Terungkap, Alasan Reino Barack dan Syahrini Buru-Buru Menikah, Ternyata Seperti Ini

Ramalan Cinta Zodiak, Kamis 7 Maret 2019, Capricorn Sedang Dekati Seorang, Scorpio Jatuh Cinta

Ini Rincian Bantuan Untuk Korban Angin Puting Beliung di Liliba Kupang

Ia juga mengaku hal itu dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat.

"Pada tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan pelayanan langsung di desa. Dalam sistem pelayanan langsung di desa ini, Dinas Dukcapil Nagekeo membawa sejumlah peralatan untuk pelayanan langsung di desa yakni laptop,printer,kertas,tinta,blanko,dan lainnya.Intinya kami memindahkan kantor dari kabupaten ke desa," ujar Andreas di Mbay, Kamis (7/3/2019).

Ia mengaku, untuk pelayanan langsung di desa ini, pihaknya memberinam pelayanan online Jumat Desa.

Pada sistem pelayanan ini, aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) diseting oleh Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (Piak) dan 2 bidang lainya yakni Bidang pelayanan pendaftaran penduduk yang mengurus Kartu Keluarga dan KTP serta Bidang Pelayanan pencatatan sipil yang mengurusi akte - akte langsung input dan cetak di desa.

Dengan demikian setelah proses input dan cetak selesai, langsung ditandatangani.

Ada Dua Peringatan Dini Hari Ini, Potensi Hujan Disertai Petir dan Gelombang Setinggi 2 Meter

Begini Penjelasan Kasat Reskrim Polres TTS Terkait Penemuan Mayat Di Bena

"Jadi setelah selesai input, dan diprint, langsung ditandatangani dan saya bisa menyerahkan kepada masyarakat pada hari itu juga. Untuk tahun 2019 ini, pelayanan on line massal pertama terjadi pada hari Jumat 1 Maret untuk Desa Wajo Timur yang kami laksanakan di aula Kantor Camat Keo Tengah," papar Andreas.

Sementara Kepala Bidang PIAK, Dukcapil Nagekeo, Krispinus Ledo Bude, mengungkapkan, untuk pelayanan on line Jumat Desa ini, pihaknya telah melaksanakan segala persiapan berkaitan dengan peralatan SIAK.

Ia mengaku pelayanan dokumen kependudukan ini tergantung dengan sinyal. Bila sinyal bagus, semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Seperti yang terjadi pada saat ini, walaupun sedikit gangguan teknis sinyal, kami tetap melaksanakan penginputan biodata penduduk ke dalam sistem SIAK pada pkl 13.00 WITA.

"Agak terlambat tapi kami sudah berupaya maksimal dan semuanya bisa berjalan. Sedangkan perekaman KTP el saat ini dikhususkan untuk para siswa SMA Negeri 2 Keo Tengah dari Wajo Timur. Untuk para siswa SMA Negeri 1 Keo Tengah direncanakan rekam pada Jumat depan, 8 Maret di Keo Tengah ini. Jadi Jumat depan, 8 Maret, Dinas Dukcapil Nagekeo akan turun pelayanan langsung online di Keo Tengah ini dengan sasaran masyarakat desa Udiworowatu. Perekaman ini juga terbuka untuk semua masyarakat," jelas Krispinus.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Gordi Donofan)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved