Kodim 1618/TTU Beri Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat di Lokasi TMMD

Pelaksanaan kegiatan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun Anggaran 2019, Kodim 1618/TT telah memasuki hari ke delapan

Kodim 1618/TTU Beri Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat di Lokasi TMMD
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Para petugas sedang melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di Desa Noepesu, Selasa (5/3/2019). 

Kodim 1618/TTU Beri Penyuluhan Kesehatan Bagi Masyarakat di Lokasi TMMD

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Pelaksanaan kegiatan TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun Anggaran 2019, Kodim 1618/TT telah memasuki hari ke delapan, Selasa (5/3/2019).

Selain sasaran fisik, dalam kegiatan TMMD juga dilaksanakan kegiatan dengan sasaran non fisik seperti penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di Desa Noepesu, Kecamatan Miomafo Barat.

Penyuluhan kesehatan tersebut dilakukan oleh tenaga medis dari Puskesmas Eban yang diwakili oleh Bidan Merlinda Nanabu, didampingi Perawat Eben Robert.

Dalam materi penyuluhannya, Bidan Merlinda meminta kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Desa Eban untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga pola makan.

Polri Sebut Hari Ini Andi Arief Mulai Rehabilitasi di BNN Jakarta

Warga Kota Kupang Terkesan Lihat Ogoh-ogoh di Bundaran PU

Pemilik RM Sari Bundo: Saya Heran Ada Satu Potong Daging Ayam Goreng yang Berulat

"Kami berharap agar masyaraka selalu menjaga pola makan, serta menjaga kebersihan dan selalu mengecek kesehatan diri secara rutin di Puskesmas," kata Bidan Merlinda.

Polri Sebut Hari Ini Andi Arief Mulai Rehabilitasi di BNN Jakarta

Warga Kota Kupang Terkesan Lihat Ogoh-ogoh di Bundaran PU

KPU Kabupaten Kupang Mulai Sortir Surat Suara Pemilu

Ditarik Rp 850 Ribu, Setahun Listrik PLN Tak Kunjung Menyala, Berikut 5 Fakta Demo Warga di PLN Soe

Merlinda mengatakan, kegiatan penyuluhan itu disambut antusias warga yang hadir. Warga yang hadir dalam kegiatan penyukuhan sekitar 150 orang baik itu kaum pria dan wanita hingga anak-anak serta remaja Desa Noepesu.

"Mereka sangat antusias mengikuti penyuluhan hingga selesai bahkan banyak yang menyampaikan beragam pertanyaan seputar gangguan kesehatan yang pernah mereka alami," ujarnya.

Bidan Merlinda dalam kegiatan tersebut memaparkan beberapa materi tentang penyakit yang banyak di idap masyarakat Desa Noepesu seperti Ispa, Demam dan Diare serta kesehatan KB

"Karena yang tahu diri kita sehat dan tidaknya adalah diri kita sendiri, jadi mari bapak-bapak dan ibu-ibu tidak takut untuk berobat atau memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat," papar Bidan Merlinda.

Perawat Eben Robert juga menyampaikan penyuluhan tentang Demam Berdarah. Menurutnya, Desa Neopesu merupakan daerah dingin sehingga jarang terjadi kasus demam berdarah.

"Kalaupun terjadi kasus demam berdarah di Desa Noepesu kemungkinan dibawa dari masyarakat dari luar Desa Noepesu yang terjangkit DBD, sekalipun Desa Noepesu tidak terdapat kasus DBD tetap masyarakat harus menjaga kesehatan dan kebersihan," terangnya.

Setahun Meteran Listrik Belum Terpasang, Warga Oebobo Demo ke PLN Soe

Pospera Desak Manajemen PLN Segera Pasang Meteran Warga Oebobo

Dikabarkan Sedang Dekat, Faisal Nasimuddin Puji Penampilan Baru Luna Maya Usai Pulang Umroh

Robert menjelaskan, apabila masyarakat mengalami gejala panas tinggi, kepala pusing dan mimisan/darah keluar dari hidung itu merupakan gejala DBD sehingga diharapkan masyarakat segera memeriksakan diri ke Puskesmas Eban.

Pasiter Kodim 1618/TTU Kapten Inf. Agustinus Ahang mengatakan, penyuluhan kesehatan tersebut merupakan bagian dari sasaran non fisik dari kegiatan TMMD ke-104 Kodim 1618/TTU. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved