Nyepi, Sumbangan Hinduisme Bernilai Tinggi untuk Peradaban yang Sibuk

Bagi Ketua Sinode GMIT NTT, Mery Kolimon, hari raya Nyepi adalah sumbangan Hinduisme bernilai tinggi

Nyepi, Sumbangan Hinduisme Bernilai Tinggi untuk Peradaban yang Sibuk
POS-KUPANG.COM/Ambuga Lamawuran
Ketua Sinode GMIT NTT, Mery Kolimon 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Nyepi adalah hari raya penyucian diri bagi Umat Hindu. Bagi Ketua Sinode GMIT NTT, Mery Kolimon, hari raya Nyepi adalah sumbangan Hinduisme bernilai tinggi, yang sangat relevan dengan perkembangan dunia sekarang.

"Saya kira ajaran (perayaan Nyepi) ini sangat relevan dengan dunia sekarang. Kami menghargai spritualitas dari perayaan nyepi, yaitu manusia menarik diri dari segala kesibukan dan berada dalam dirinya, dalam meditasi, dalam saat teduh, perenungan, dan dalam relasi dengan Sang Pencipta Kehidupan," katanya kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (5/3/2019).

Bupati Perjuangkan Sikka Masuk Lagi Kabupaten Tertinggal Mendapat Dukungan

Dia katakan, penyepian diri ini terlihat kentara misalnya di Pulau Bali.

"Kalau kita lihat di Pulau Bali, sepanjang Nyepi, tidak ada kendaraan lalu-lalang, tidak ada penerbangan. Seluruh Bali menjadi hening dan sepi. Saya kira itu suatu hal yang sangat berharga yang disumbangkan oleh Hinduisme kepada peradaban sekarang yang sangat sibuk karena perkembangan zaman," tegasnya.

Pemkab TTU Sudah Usul NIP Para CPNS yang Dinyatakan Lulus Seleksi

Karena itu, dia mengajak seluruh umat Kristiani dan umat lainnya agar menghargai perayaan ini.

"Saya mengajak semua umat Kristiani dan umat lain agar menghargai umat Hindu dalam merayakan Nyepi di daerah ini, dan sebisa mungkin menggali nilai spiritualitas dari perayaan Nyepi untuk keluarga dan diri kita masing-masing," harapnya.

Kepada seluruh umat Hindu di NTT, Mery Kolimon mengucapkan selamat merayakan hari raya besar ini, dan semoga semuanya berjalan dengan lancar. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ambuga Lamawuran)

Penulis: Lamawuran
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved