Saat Lantik Pengurus DPP Paroki Ka-Redong, Uskup Minta Pengurus Perhatikan Hal Ini

Administrator Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, Pr melantik 90 Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Paroki Ka-Redong, Kota Ruteng saat misa

Saat Lantik Pengurus DPP Paroki Ka-Redong, Uskup Minta Pengurus Perhatikan Hal Ini
Pos Kupang.com/Aris Ninu
POS-KUPANG.COM/ARIS NINU ACARA-Administrator Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, Pr saat diterima secara adat dalam acara misa pelantikan Pengurus DPP Paroki Ka-Redong, Ruteng. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu

POS-KUPANG-COM-RUTENG-Administrator Keuskupan Ruteng, Mgr. Silvester San, Pr melantik 90 Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Paroki Ka-Redong, Kota Ruteng saat misa, Minggu (3/3/2019) pagi.

Saat melantik Pengurus DPP Paroki Ka-Redong, Uskup San meminta pengurus yang dilantik memperhatikan pelayanan kepada umat.

"DPP adalah tugas pelayanan bukan kekuasaan maka dewan pastoral harus terus berjuang untuk melayani umat khususnya yang miskin," kata Uskup San saat memberikan pesan pelantikan DPP Paroki Ka-Redong.

Pelatih Chelsea, Maruzio Sarri Sadar Sulit Timnya Masuk 4 Besar di Inggris

Pelantikan DPP ini dihadiri Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, 90 orang anggota DPP yang akan menjalankan 5 tugas utama pastoral yaitu perayaan liturgi, pewartaan, kesaksian hidup, persekutuan dan pelayanan.

Sebelum perayaan misa, Uskup San diterima secara adat manggarai melalui adak tuak curu dan Kapu sebagai warga Paroki Ka-Redong oleh Hermanus Palus, Wakil Gendang Ka yang dipercayakan untuk menyampaikan kata penerimaan.

Yang mana dalam kata penerimaan seluruh umat Paroki Ekaristi Kudus Ka-Redong merasa senang atas kunjungan Yang Mulai Uskup San dan umat berharap Gereja memberi perhatian kepada kehidupan sosial ekonomi umat.

Pada kesempatan acara penyambutan itu Uskup San mengatakan, dirinya berharap semua umat sebagai umat allah bekerjasama untuk menyelesaikan persoalan persoalan sosial di Manggarai Raya.

Pelatih Chelsea, Maruzio Sarri Sadar Sulit Timnya Masuk 4 Besar di Inggris

Saat melantik Pengurus DPP Paroki Ka-Redong, Uskup San meminta dewan pastoral bekerja untuk Tuhan dan melayani kaum miskin bersama para klerus sebab pandangan gereja katolik setelah Konsili Vatikan II berubah bahwa gereja adalah umat allah sehingga para awam yang menjadi dewan pastoral harus sungguh bekerja keras melayani orang miskin.

"Keuskupan Ruteng tahun ini mencanangkan Tahun 2019 sebagai Tahun Pelayanan. Gereja berkomitmen untuk membantu melayani umat melalui 2 hal penting yaitu melalui program karitatif, memberi bantuan sosial kepada para janda, lansia dan umat yang sungguh sungguh miskin.

Yang kedua melalui Program Transformatif pemberdayaan bidang ekonomi bertujuan untuk mengeluarkan umat dari kemiskinan dengan cara memberi pelatihan keterampilan. Gereja berharap dengan program Pemberdayaan ekonomi umat dapat sejahtera secara rohani dan jasmani. Umat yang masih muda tidak boleh diberi ikan tetapi kail," kata Uskup San.

Wabup Manggarai, Drs. Victor Madur dalam pesannya mengatakan, pemerintah daerah siap membantu program kerja dari DPP yang baru dilantik khususnya yang berkaitan pemberdayaan ekonomi.

Sementara itu, Paul Peos, Ketua Dewan Pastoral baru yang juga sedang menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai mengatakan, perhatian dewan pastoral tahun ini adalah membantu umat melalui program Diakonia baik yang bersifat karitatif maupun pemberdayaaan.

"Kami dalam waktu dekat akan menyusun program kerja paroki sesuai dengan kebutuhan umat dan program Keuskupan Ruteng. Meskipun banyak tantangan namun kami yakin karena kebersamaan umat kami bisa menyelesaikan persoalan sosial ekonomi di Paroki Ekaristi Kudus Ka Redong," ujar Paul.(*))

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved