Jangan Kaget Ya, Kalau Belanja di Ritel Modern di Kupang Juga Terapkan Kantong Plastik Berbayar

Ritel modern di Kota Kupang sudah mulai terapkan kantong plastik berbayar mulai tanggal 1 Maret 2019

Jangan Kaget Ya, Kalau Belanja di Ritel Modern di Kupang Juga Terapkan Kantong Plastik Berbayar
POS-KUPANG. COM /HERMINA PELLO
Pengumuman yang dipasang di meja kassa Hypermart Bundaran PU bahwa mulai tanggal 15 Maret, kantong plastik berbayar akan diberlakukan 

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Hermina Pello 

POS-KUPANG  COM l KUPANG - Masyarakat kota Kupang yang berbelanja di ritel modern di Kota Kupang jangan kaget ya kalau saat belanja ada biaya tambahan untuk bayar kantong plastik.

Sejak 1 Maret 2019, ritel di Kota Kupang terapkan kantong plastik berbayar. Harganya Rp 200.

Beberapa retail di Kota Kupang misalnya Ramayana Flobamora Mall, Ace Hardware Lippo Plaza dan Informa Lippa Plaza sudah mulai menerapkan kantong plastik berbayar mulai Jumat (1/3/2019).

Sementara di Hypermart Bundaran PU akan menerapkan mulai tanggal 15 Maret 2019.

Konsumen harus membayar kantong plastik Rp 200/lembar.

Demikian informasi yang dihimpun Pos Kupang, Jumat (1/3/2019).

Store Manajer Ramayana Flobamora Mall, Robby Kase, Store Manajer Ace Lippo Plaza, Hamzah. Deputy Manajer Informa Lippo Plaza, Eko Kridianto dan Store Manajer Hypermart Bundaran PU, Aris Sumandryono.

"Hari ini kami sudah mulai terapkan. Memang ada satu atau dua orang yang kaget dan protes, tapi lainnya tidak. Kami jelaskan pada konsumen, mereka paham. Yang protes sedikit sekali. Ya namanya masih awal jadi macam ragamnya. Ke depan kami sediakan tas yang ramah lingkungan dengan harga Rp 4.000," ujar Robby.

Sementara di Ace, belum ada komplain karena kebijakan ini sudah disosialisasi lebih dulu. "Kami sosialisasi sudah satu bulan sehingga tidak ada yang protes saat berlaku hari ini. Mereka tetap bayar, tapi kami juga menyediakan kardus untuk packing barang transaksi," ucap Hamzah.

Pegawai dari Hypermart Bundaran PU sementara menunjukan tas kain go Green dan kantong plastik. Gambar diambil Jumat (1/3/2019)
Pegawai dari Hypermart Bundaran PU sementara menunjukan tas kain go Green dan kantong plastik. Gambar diambil Jumat (1/3/2019) (POS-KUPANG. COM /HERMINA PELLO)

Arys mengungkapkan, pihaknya akan mulai memberlakukan kantong plastik berbayar mulai tanggal 15 Maret 2019.

"Itu sesuai dengan pemberitahuan dari head office bahwa pemberlakukan kantong plastik berbayar ini mulai tanggal 15 Maret. Jadi kami punya dua solusi, pertama membayar kantong plastik Rp 200 atau membeli tas kain go green dengan harga Rp 13.500. Tas ini bisa dipakai berkali-kali," ucapnya.

Menurut mereka, kebijakan kantong plastik berbayar ini untuk mengurangi penggunaan kantong plastik

Salah satu konsumen, Rizky mengatakan, dia lebih suka menggunakan tasnya untuk mengisi barang-barang. "Kalau hanya beli sedikit, lebih baik langsung isi di tas saja. Kebijakan ini juga bagus untuk lingkungan karena bisa mengurangi sampah plastik," katanya.(*) 

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved