Pendaftaran UTBK Sudah Dibuka, Ini Yang Harus Diperhatikan

Pendaftaran UTBK sudah dimulai hari ini. Nah bagi yang mau daftar ada baiknya tahu mengenai SBMPTN tahun ini

Pendaftaran UTBK Sudah Dibuka, Ini Yang Harus Diperhatikan
POS-KUPANG.COM/GECIO VIANA
Suasana wawancara penetapan UKT bagi mahasiswa baru di aula Rektorat lama Undana, Penfui, Kota Kupang, Kamis (9/8/2018) 

POS-KUPANG  COM l JAKARTA -Pendaftaran UTBK 2019 dimulai hari ini, 1 Maret 2019 Pk. 10.00 WIB dan akan ditutup 24 Maret 2019. 

Gelombang kedua pendaftaran UTBK akan dibuka pada tanggal 25 Maret 2019 sampai dengan 1 April 2019.

Sesuai ketentuan, mulai tahun 2019, persyaratan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Tahun ini, UTBK yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dapat dilakukan lebih dari 1 (satu) kali.
Peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes.

Ketua Pelaksana LTMPT Prof. Budi Prasetyo menitipkan beberapa pesan penting bagi siswa yang akan melakukan pendaftaran UTBK 2019. 1. Para siswa diharapkan dapat mendaftar di awal agar bisa memilih waktu dan sesi ujian.

2. Ikuti alur pendaftaran sesuai dengan informasi di setiap tahapan.

3. Bila telah mengisi data dan mendapatkan kode pembayaran segera membayar maksimal 24 jam agar tidak hangus dan mulai dari awal lagi.

4. Pastikan pilihan jenis ujian, lokasi dan sesi sudah benar karena setelah melakukan pembayaran tidak bisa dirubah lagi.

5. Pendaftaran dibagi menjadi 2 gelombang, pendaftaran tiap gelombang hanya bisa dilakukan 1 kali.

"Ya betul mulai tanggal 1 Maret pagi jam 10.00 WIB pendaftaran UTBK, saya menitipkan pesan ini bagi para peserta yang akan mendaftar," ujar Prof. Budi. Prof. Budi juga menambahkan, bagi yang sudah mendaftar di SNMPTN maka data sudah akan tersedia dan tinggal melakukan verifikasi."
Kesempatan 2 kali UTBK UTBK 2019 berbeda dengan tahun lalu, peserta diperbolehkan mengikuti UTBK maksimal 2 (dua) kali, dengan ketentuan sebagai berikut:

1. UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali, atau kelompok Saintek dua kali, atau Kelompok Soshum dua kali.

2. Peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua. Pendaftaran UTBK: gelombang pertama tanggal 01 - 24 Maret 2019 dan gelombang kedua tanggal 25 Maret - 01 April 2019.

Waktu pelaksanaan tes untuk peserta pendaftar gelombang pertama tanggal 13 April - 4 Mei 2019 dan waktu pelaksanaan Tes untuk peserta pendaftar gelombang kedua tanggal 11 Mei - 26 Mei 2019.

3. Peserta yang ingin mengikuti tes dua kali harus mendaftar di gelombang pertama dan gelombang kedua.

4. Peserta yang mendaftar hanya di gelombang kedua hanya dapat mengikuti 1 (satu) kali tes pada tanggal 11 Mei - 26 Mei 2019. (kompas.com)

Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved