Penanganan Bencana Puting Beliung di Liliba, Pemkot Kupang Tak Punya Dana

Pemerintah Kota Kupang berupaya menyelesaikan proses pendataan secepatnya terkait bencana yang menimpa warga Kelurahan Liliba dan Kelurahan Penfui Kot

Penanganan Bencana Puting Beliung di Liliba, Pemkot Kupang Tak Punya Dana
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Wakil Walikota Kupang dr Hermanus Man meninjau warga yang terdampak bencana di Kelurahan Liliba Kota Kupang pada Jumat (1/3/2019).       

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pemerintah Kota Kupang berupaya menyelesaikan proses pendataan secepatnya terkait bencana yang menimpa warga Kelurahan Liliba dan Kelurahan Penfui Kota Kupang.

Pendataan dimaksud untuk mengetahui secara rinci warga yang terdampak bencana termasuk kualitas dampak bencana serta taksasi kerugiannya.

Ditemui saat meninjau warga yang terdampak bencana angin puting beliung di RT.27/RW.09 Kelurahan Liliba pada Jumat (1/3/2019) pagi, Wakil Walikota Kupang dr Hermanus Man mengungkapkan, pemkot sedang berupaya untuk mengajukan permintaan dana bantuan ke pusat untuk menyelesaikan kebutuhan proses rehabilitasi dan rekonstruksi bagi warga terdampak bencana.

Wakil walikota yang saat itu didampingi sekretaris Kota Kupang dan Kepala Dinas Kesehatan, Sekretaris Dinas Sosial Kota dan beberapa pejabat menjelaskan, dana itu akan digunakan untuk pengadaan material berupa seng, paku, pembesian serta kayu untuk kebutuhan perbaikan rumah.

“Kalau rupiahnya saya tidak bisa hitung, tetapi kalau kita bisa bantu pengatapan kembali minimal materialnya. Rata-rata saya berupaya supaya kita minta ke pusat itu seng, kayu, paku, pembesian. Untuk biaya kerjanya kita minta mereka sendiri atau kelompok,” papar Man.

Lebih lanjut Man menjelaskan, jika pendataan bisa diselesaikan hari ini maka dalam waktu minggu berikut bantuan sudah tiba di Kupang.

“Karena ini tergantung uang pusat, karena stok uang kita juga tidak ada, uang darurat itu kita lihat apakah memang menurut aturan regulasi memungkinkan ya kita bantu kalau tidak ya kita hanya bisa ke terpal itu,” jelasnya.

Namun, ia juga menyampaikan bahwa ada pihak swasta yang sudah menghubungi pemerintah untuk memberi bantuan.

“Ada pihak swasta sudah menghubungi kita, beberapa bank, kita arahkan ke terpal dan sembako,” lanjutnya.

Ia menjanjikan bantuan yang diberikan kepada warga terdampak tidak pilih bulu, sehingga kriteria kerusakan seperti berat, sedang dan ringan harus didata secara objektif. Selain itu, ia juga mengingatkan agar tidak ada penyimpangan dalam pemberian bantuan ini.

Wakil Walikota telah berulang meninjau lokasi terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Liliba dan Kelurahan Penfui Kota Kupang. Sebelumnya, pada Jumat (28/2/2019) usai bencana itu, wakil walikota itu turun langsung melihat kondisi kerusakan dan berbicara dengan warga. Sedangkan Walikota Kupang sedang dalam tugas kedinasan. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved