Berkas Pencurian Kabel Diserahkan ke Kejaksaan

Berkas perkara itu diserahkan setelah penyidik melengkapi berkas tersebut sesuai petunjuk jaksa.

Berkas Pencurian Kabel Diserahkan ke Kejaksaan
POS KUPANG/FRANS KROWIN
Mobil pick up ini sarat dengan kabel listrik curian dan masih diamankan Mapolres Lembata. Gambar diabadikan, Senin (25/2/2019). 

Berkas Pencurian Kabel Diserahkan ke Kejaksaan

POS-KUPANG.COM|LEWOLEBA -- Penyidik Polres Lembata menyerahkan berkas perkara kasus pencurian kabel listrik di Belang, Desa Watokobu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lembata.

Berkas perkara itu diserahkan setelah penyidik melengkapi berkas tersebut sesuai petunjuk jaksa.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora melalui KBO Kasat Reskrim, Ipda I Nengah Soekanata, ketika ditemui POS-KUPANG.COM, di mapolres setempat, Senin (25/2/2019).

Dikatakannya, petunjuk jaksa agar penyidik melengkapi berkas perkara itu sudah dilakukan. Saat itu, penyidik memanggil Kepala Desa Bolibean, Paulus Dolu dan meminta keterangan tambahan terkait kasus itu.

Liga Italia: Gol Semata Wayang Dybala Bungkam Bologna 1-0

Atletico Madrid Bungkam Villareal Skor 2-0, Morata Cetak Gol Pertama

Ruas Jalan Kabupaten Kawangu-Kananggar, Sumba Timur Rusak

Liga Jerman: Dortmund Kembali Rebut Puncak Klasemen setelah Kalahkan Leverkusen

Melaju ke Final, Inilah Target Pelatih Indra Sjafri Bangga dengan Timnas U-22 Indonesia

Kades Paulus dipanggil, lanjut Nengah, lantaran kades tersebut yang memergoki oknum pelaku saat sedang melancarkan aksinya mengambil kabel listrik di Belang, Desa Watokobu pada tengah malam sekitar pukul 00.00 Wita.

Saat itu, katanya, Kades Paulus sedang dalam perjalanan dari Lewoleba menuju Desa Bolibean di Kecamatan Nagawutun.

Tatkala tiba di Belang, tepatnya di tempat kejadian perkara (TKP), Kades Paulus melihat dua oknum pencuri, yakni Ma'arif dan Yohanes Junilan sedang beraksi.

Saat itu, ungkap Nengah, kades tak melihat ada oknum lain, yakni Achmad Muji Sukur, juga berada di lokasi kejadian dan turut bersama-sama melancarkan aksi pencurian kabel listrik tersebut. O

knum ini diringkus saat bersama Ma'arif dan Junilan dalam mobil pick up yang sarat dengan kabel curian saat sedang dalam perjalanan dari Belang ke Lewoleba.

Dalam kasus tersebut, katanya, Kades Paulus menjadi saksi kunci atas kasus pencurian kabel listrik di Belang. Olehnya, keterangan itu sangat penting bagi penyidik untuk menyeret tiga oknum pelaku itu ke meja hijau guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Menurut Nengah, berkas yang diserahkan untuk kedua kalinya ke kejaksaan itu dengan maksud untuk dipelajari lagi.

BRI Agro Dengan Aplikasi Pinang Bisa Beri Pinjaman Dalam Waktu 10 Menit

Piala Oscar 2019, Lady Gaga Pakai Berlian Seharga Rp 414 Miliar, Film Black Panther Menang Pertama

Bila ternyata dalam berkas itu belum lengkap, maka pihaknya siap melengkapi lagi. Tapi jika dinyatakan sudah lengkap (P21) oleh jaksa, maka penyidik siap melimpahkan berkas dan para tersangka ke kejaksaan.

"Jadi, kami sudah serahkan berkas perkara itu untuk kedua kalinya ke kejaksaan. Kalau saat dipelajari nanti ternyata sudah lengkap, berarti kami akan menyerahkan tersangka dan barang bukti ke kejaksaan untuk diproses lebih lanjut. Sampai saat ini tersangka dan barang bukti masih diamankan di Mapolres Lembata," ujar Nengah. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Frans Krowin)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved