Festival Nale Digelar di Pantai Mingar, Nagawutun-Lembata, NTT

-Sesuai kalender pariwisata di Kabupaten Lembata, maka besok dan lusa, yakni Senin - Selasa (25-26/2/201

Festival Nale Digelar di Pantai Mingar, Nagawutun-Lembata, NTT
Pos Kupang.com/Frans Krowin
Anthanasius Aur Amuntoda 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA --Sesuai kalender pariwisata di Kabupaten Lembata, maka besok dan lusa, yakni Senin - Selasa (25-26/2/2019) akan dilangsungkan Festival Nale di Pantai Mingar, Desa Pasir Putih, Kecamatan Nagawutun.

Ivent itu merupakan acara perdana kepariwisataan yang digelar di daerah tersebut tahun ini.

Dalam run down acara yang ditandatangani Penjabat Sekda Lembata, Anthanasius Aur Amuntoda, dan diterima Pos Kupang.Com di Lewoleba, Minggu (24/2/2019), disebutkan, ivent itu diawali dengan ritual beri makan leluhur (pemilik nale) di Koker Waitobi. Ada dua suku yang menggelar ritual tersebut, yakni Suku Ketupapa dan Suku Atakabele.

Ada pun yang disiapkan untuk ritual tersebut, yakni ayam betina hitam, beras hitam (katane), kposi watu lolo, tuak, konok dan bleka. Semua bahan itu disiapkan oleh ibu-ibu dari dua suku tersebut.

Pelajar SMA Terlibat Kasus Laka Maut, Kapolres Manggarai Lakukan Evaluasi

Ritual beri makan itu dimulai pukul 10.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita. Pada pukul 10.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita, ritual beri makan leluhur berlangsung di koker nale (darat), yakni Koker Waitobi, Kubur Blawa dan Duli Ulu.

Sedangkan ritual beri makan di Koker Nale (laut), tepatnya di Pantai Wata Raja berlangsung mulai pukul 12.00 Wita hingga pukul 13.00 Wita.

Untuk memeriahkan ivent tersebut, pada pukul 14.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita, digelar karnaval budaya.

Karnaval itu mengambil titik star di depan Kantor Desa Pasir Putih - Duli Ulu - Waitobi dan finish di Pantai Wata Raja.

Karnaval budaya itu, ungkap Anthanasius, diikuti oleh utusan 13 suku di Desa Pasir Putih. Acara itu dimeriahkan pula oleh barisan anak-anak sekolah, sanggar masyarakat dan sanggar-sanggar sekolah.

Dalam karnaval itu, makanan yang dibuat saat ritual adat beri makan leluhur itu dibawa juga ke Pantai Wata Raja untuk dikonsumsi bersama oleh seluruh masyarakat yang hadir dalam festival tersebut.

Disebutkan juga bahwa Festival Nale itu merupakan ivent pra Festival Tiga Gunung yang akan diselenggarakan tahun 2019. Acara tersebut akan dibuka oleh Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur yang juga dihadiri oleh seluruh pimpinan OPD di daerah itu.

Bantuan Pasukan dari Polda Tiba di Alor

Festival Nale merupakan ivent perdana yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata tahun 2019 ini. Diberi nama Festival Nale, karena setiap tahun pada akhir Februari, masyarakat Desa Pasir Putih di Mingar, menggelar ritual penangkapan nale di tepi Pantai Wata Raja. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved