Tahun Ini Pemerintah Bangun 7 Puskesmas Baru di TTU

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) akan membangun sebanyak tujuh unit puskesmas baru

Tahun Ini Pemerintah Bangun 7 Puskesmas Baru di TTU
POS KUPANG/THOMAS MBENU NULANGI
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, dr. Zakarias Fernandes. 

Tahun Ini Pemerintah Bagun 7 Puskesmas Baru di TTU

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU--Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) akan membangun sebanyak tujuh unit puskesmas baru. Tujuh unit puskesmas itu direncanakan akan dibangun pada tahun 2019 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten TTU, dr. Zakarias Fernandes kepada Pos Kupang yang ditemui di Kantor Dinas Kesehatan TTU, Kamis (21/2/2019).

dr. Zakarias mengungkapkan, sebanyak tujuh unit puskesmas yang direncanakan akan dibangun itu, empat unit diantaranya akan dibangun puskesmas prototipe atau puskemas model, atau puskemas perbatasan.

Keempat puskesmas prototipe yang akan dibangun tersebut yakni Puskesmas Lurasik, Puskemas Haekto, Puskesmas Bitefa, dan Puskemas Nimasi.

Soal Penguasaan Lahan Ratusan Ribu Hektar oleh Prabowo, Jokowi: Apa Saya Pernah Bilang Masalah?

Satgas Yonmeks 741/GN Gagalkan Penyeludupan BBM dan Pakaian Bekas ke RDTL

KPK Limpahkan Kasus Meikarta ke Pengadilan, Penahanan 5 Tersangka Dipindahkan ke Rutan Kebon Waru

Bikin Tenaga Suami Makin Prima di Ranjang Dengan 5 Jenis Makanan Ini, Yuk Kepoin

"Kalau untuk satu paket dengan bangunan, pagar, pafing blok, dan parkiran, itu sekitar Rp. 7 Miliar per unitnya," ungkapnya.

dr. Zakarias menambahkan, untuk membangun sebanyak empat unit Puskesmas itu, pemerintah daerah Kabupaten TTU mendapatkan dana DAK afirmasi dari pemerintah pusat.

"Kemudian juga ada pengadaan alat kesehatan untuk kebutuhan di puskesmas, kemudian mobil ambulance puskesmas keliling," terangnya.

Selain itu, tambah dr. Zakarias, Dinas Kesehatan Kabupaten TTU juga mendapatkan kucuran dana yang bersumber dari DAK reguler untuk pembangunan tiga unit puskesmas tipe Permenkes 75.

"Tiga unit yang akan dibangun pada tahun 2019 dengan tipe Permenkes 75 itu dari DAK reguler. Kalau DAK afirmasi kita bangun empat unit dengan tipe prototipe," jelasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM,TOMMY MBENU NULANGI)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved