Pemkab Sumba Tengah Lakukan CAT Terima Pegawai PPPK

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Tengah Kini Tengah Melakukan CAT Terima Pegawai PPPK

Pemkab Sumba Tengah Lakukan CAT Terima Pegawai PPPK
POS-KUPANG.COM/Petrus Piter
Kepala BKPP Sumba Tnegah, Drs. Johanis Umbu Djanga 

POS-KUPANG.COM | WAIBAKUL - Pemkab Sumba Tengah Lakukan CAT Terima Pegawai PPPK. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Johanis Umbu Djanga mengatakan, telah menerima petunjuk teknis perekrutan pegawai PPPK khusus para pegawai eks K2 di lingkup Pemkab Sumba Tengah sebanyak 16 orang.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian PAN dan RB, data eks K2 terdiri tenaga guru 4 orang dan tenaga penyuluh pertanian yang selama ini didanai APBN sebanyak 12 oarang atau total penerimaan pegawai PPPK tahap I sebanyak 16 orang.

Gara-gara Bawa Kabur dan Gadai Motor Teman, Pemuda Ini Ditangkap Polisi

Umbu Djanga menyampaikan hal itu di ruang kerjanya, Rabu (20/2/2019). Menurutnya, hingga penutupan pendaftaran hanya 13 orang yang mendaftar untuk mengikuti tes penerimaan pegawai PPPK yang akan berlangsung secara online di SMAN I Waibakul, Sumba Tengah, Kamis (21/2/2019) dari sebelumnya terjadwal Sabtu (23/2/2019).

Iriana Jokowi Serahkan Bantuan Peralatan Sekolah ke PAUD Ambon

Sedangkan tiga tenaga guru eks k2 tidak datang mendaftar tidak diketahui keberadaannya karena tidak lagi mengajar di sekolah bersangkutan.

Menjawab pertanyaan bagaimana dengan tes penerimaan pegawai PPPK secara umum, ia mengatakan, hingga saat ini belum menerima petunjuk teknis lebih lanjut dari kementerian PAN dan RB sehingga proses perekrutan PPPK untuk tenaga kontrak secara umum belum terlaksana.

Saat ini, jumlah tenaga kontrak daerah yang berkarya di lingkup pemerintahan Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 900-an orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 50 persen tenaga kontrak daerah berijasah SMA.

Menjadi pertanyaan apakah tenaga kontrak daerah berijasah SMA untuk bagian cleaning service, satpam, sopir dan lain-lain diperbolehkan atau tidak diperbolehkan mengikuti tes penerimaan pegawai PPPK. Sebab sesuai ketentuan penerimaan pegawai pppk hanya berlaku bagi serjana.

Ia menambahkan, penyelenggaraan tes penerimaan pppk secara online dilaksanakan panitia lokal tetapi penentuan kelulusannya oleh pemerintah pusat. Panitia lokal hanya melaksanakan tes saja, soal kelulusan wewenang penuh pemerintah pusat.

Karena itu, para peserta tes harus mempersiapkan diri dengan baik menghadapi ujian tersebut dan jangan berpandangan hanya formalitas saja. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Petrus Piter)

Penulis: Petrus Piter
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved