Ini Bandit Spesialis Pembobol Perumahan yang Tertangkap

Seorang bandit spesialis pencurian di kawasan perumahan di Sidoarjo tertangkap. Dia adalah Yadi Subaeno alias Rakes (35) warga Dusun Beciro, Desa Jump

Ini Bandit Spesialis Pembobol Perumahan yang Tertangkap
M Taufik/Surya
Bandit spesialis pencurian di kawasan perumahan serta pendahnya di Sidoarjo tertangkap Polisi 

POS KUPANG.COM -  - Seorang bandit spesialis pencurian di kawasan perumahan di Sidoarjo tertangkap. Dia adalah Yadi Subaeno alias Rakes (35) warga Dusun Beciro, Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo.

Selain pencurinya, petugas Satreskrim Polresta Sidoarjo juga berhasil meringkus penadahnya. Yakni Agung Prasetyo (31) warga Dusun Tanggungan, Desa Grinting, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo.

Dalam beraksi, Rakes biasanya berkeliling dulu mencari sasarannya dengan mengendarai sepeda motor ke beberapa kompleks perumahan. Setelah dapat sasaran, dia lantas melancarkan aksinya.

Diduga Pakai Obat Kuat, Pria Ini Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Hotel

"Tersangka bisa mengincar rumah yang jendelanya dari kayu. Sebab, lewat jendela kayu, tersangka bisa masuk ke rumah korbannya," ungkap Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris kepada Tribunjatim.com, Selasa (19/2/2019).

Setiap beraksi, pria asal Sumbawa Besar itu selalu membawa tas ransel berisi obeng dan tang potong. Obeng dan tang untuk mencongkel jendela, sementara ransel juga dimanfaatkan untuk mengangkut barang hasil curian.

Terakhir, Rakes beraksi di Perum Spring Tomorrow Alvino III Taman, Sidoarjo. Di sana dia berhasil menyatroni dua rumah. Satu lokasi menggasak laptop, dan di rumah sebelahnya mencuri handphone.

Pemerintah Akan Bantu Kaum Muda yang Bujangan Rp 350 Ribu, Ini Penjelasannya

"Tersangka biasa beraksi di atas jam 12 malam. Dan yang menjadi sasaran selalu kawasan perumahan," sambung Harris kepada Tribunjatim.com.

Selain di perumahan itu, ternyata Rakes juga sudah pernah beraksi di beberapa perumahan lain. Termasuk di Perum Pondok Jati, Kecamatan Taman; Desa Trosobo, Kecamatan Taman; Perum kawasan Desa Brebek, Kecamatan Waru; kemudian di Perumahan Prasung Buduran, Kwansan Sedati, dan beberapa perumahan lain.

Setiap beraksi modusnya juga selalu sama, membobol rumah lewat jendela. Kemudian barang yang dicuri juga beragam, sepeti uang tunai, handphone, laptop, proyektor, dan beberapa barang berharga lain.

Dan barang-barang hasil kejahatannya itu bisa dijual ke tersangka Agung. Karena itulah, dalam pengungkapan ini polisi juga turut menangkap Agung, sebagai penadah dalam kasus kejahatan tersebut.

Di sela menjalani pemeriksaan, Rakes mengaku bahwa dirinya juga sudah pernah ditahan. Yakni sekitar tahun 2009 lalu, dalam kasus yang sama. "Iya, waktu itu beraksi sendirian," jawabnya singkat.(*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved