Gempa dengan Magnitudo 5,9 Guncang Ternate, Getarannya Terasa Sampai di Manado

Gempa dengan Magnitudo 5,9 Guncang Ternate, Getarannya Terasa Sampai di Manado

Gempa dengan Magnitudo 5,9 Guncang Ternate, Getarannya Terasa Sampai di Manado
KOMPAS.com/AFP
Ilustrasi gempa bumi 

Gempa dengan Magnitudo 5,9 Guncang Ternate, Getarannya Terasa Sampai di Manado

POS-KUPANG.COM | TERNATE - Gempa Bumi bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Rabu (20/02/2019) sekitar pukul 07.10.41 WIB, tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempabumi terletak pada koordinat 0,77 LU dan 126,2 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 131 km arah barat Kota Ternate, Propinsi Maluku Utara pada kedalaman 62 km.

KPK Berencana Sosialisasi Khusus LHKPN Kepada Anggota DPRD Gunungkidul, Ini Alasannya

Data dari BMKG gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas faulting/penyesaran dalam Lempeng Laut Maluku.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi di wilayah laut di sebelah barat Kota Ternate ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (Thrust Fault).

PT Transjakarta Kandangkan 60 Bus, Wijanarko Beberkan Alasan Ini

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kota Ternate, Kustoro Hariyatmoko mengatakan, dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Ternate II-III MMI. Sedangkan di Manado, Bitung, dan Kotamubagu dirasakan II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," kata Kustoro melalui pesan whatsapp. Hingga pukul 07.28 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kustoro lagi. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved