Berita Kota Kupang Terkini

Komunitas Karang Ini Selalu Berkumpul tanggal 11 di Taman Nostalgia

Komunitas Karang peduli lingkungan dan setiap tanggal 11 mereka selalu berkumpul di Taman Nostalgia

Komunitas Karang Ini Selalu Berkumpul tanggal 11 di Taman Nostalgia
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Kegiatan Komunitas Karang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Belasan pemuda-pemudi pada Sabtu (16/2/2019) pagi di arena Kupang Car Free Day memegang karung plastik.

Beberapa diantaranya juga mengenakan poster yang dikalungkan dengan tali pada leher sementara lainnya memegang poster di tangan.

Mereka merupakan anggota Komunitas Karang. Sebuah komunitas orang muda yang terdiri dari para arsitek, mahasiswa arsitek serta para pencinta lingkungan hidup yang berpusat di Kota Kupang.

Aksi yang dilakukan untuk menciptakan kebersihan, juga memberi edukasi masyarakat terutama yang hadir dan berolahraga di arena itu. Sebagai sebuah komunitas orang muda, edukasi dan sosialisasi yang mereka lakukan selalu berangkat dari aksi nyata.

Lakalantas di Jalan Taebenu, Kelurahan Naimata, Yulius Fenais Tewas di Tempat

Alumni Spensa 88 Peduli Kanker

Meskipun terlihat kecil, tetapi aksi nyata yang mereka lakukan diharapkan dapat menjadi pemantik kesadaran masyarakat untuk peduli dan meningkatkan rasa cinta terhadap lingkungannya.

Komunitas ini dibentuk tiga arsitek muda, Budhi Lily, Yuliana Mberu dan Apris Lapenangga. Tujuannya untuk berkontribusi meningkatkan kualitas lingkungan
Anggotanya tidak hanya di Kota Kupang tapi di Kota Kefamenanu, Rote, pulau Flores hingga Jakarta. Budhy mengatakan Komunitas Arsitektur Ramah Lingkungan yang mereka bentuk mengangkat isu lingkungan.

Kegiatan Komunitas Karang
Kegiatan Komunitas Karang (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)

"Isu yang kita angkat itu isu lingkungan, yaitu penurunan kualitas lingkungan, misalnya sampah plastik yang sudah merusak bumi tapi banyak yang belum sadar. Atau bagaimana rokok itu berperan terhadap penurunan kualitas lingkungan, tentang pohon yang menyaring udara kotor, penurunan suhu dan sebagainya," papar Dosen Arsitektur Universitas Katolik Widya Mandira Kupang ini.

Dengan tagline "#karang : save our earth", komunitas yang memperingati hari ulang tahunnya setiap tanggal 11 Januari ini memiliki tujuan untuk memberikan sumbangsih bagi masyarakat dan pemerintah daerah dalam memperkenalkan arsitektur yang ramah dan pro lingkungan.

Kegiatan Komunitas Karang
Kegiatan Komunitas Karang (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)

Kini komunitas ini telah beranggotakan 47 orang dan selalu melakukan pertemuan setiap tanggal 11 dalam bulan di Taman Nostalgia Kupang. Sebagai komunitas peduli lingkungan, mereka menjadi komunitas yang terbuka dan mau berbagi demi peningkatan kehidupan yang lebih baik. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved