TRIBUN WIKI : PLBN Motamasin Jadi Destinasi Wisata Baru di Malaka

Jembatan Motamasin tersebut merupakan titik batas Indonesia dan Timor Leste. Jembatan ini dibagi dua yang ditandai dengan dua warna berbeda.

TRIBUN WIKI : PLBN Motamasin Jadi Destinasi Wisata Baru di Malaka
POS KUPANG/TENY JENAHAS
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Kabupaten Malaka, saat diabadikan, Minggu (17/2/2019). 

POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS

MOTAMASIN--Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin, Kabupaten Malaka, saat diabadikan, Minggu (17/2/2019).

TRIBUN WIKI : PLBN Motamasin Jadi Destinasi Wisata Baru di Malaka

POS KUPANG.COM| BETUN---Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin menjadi destinasi wisata baru di Malaka. Daya tarik yang dimiliki PLBN adalah desain bangunan yang unik dan megah. Bangunan di PLBN ditata secara khusus sehingga berbeda dengan bangunan yang lain.

Kemudian, penataan areal PLBN juga rapih dan indah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, penataan jalan masuk, pintu gerbang dan taman juga memiliki kekhasan tersendiri. Ditambah lagi dengan bangunan pelengkap lainnya seperti monumen yang model bangunannya tidak ditemukan di tempat lain.

PLBN Motamasin terletak di Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, sekitar 30-an kilometer dari Betun, Ibukota Kabupaten Malaka. Dari Betun ke PLBN Motamasin ditempuh dalam waktu 45 menit menggunakan kendaraan roda empat.

PMII Cabang Kupang gelar sekolah Aswaja

Dicampakkan Inter Milan, Mauro Icardi Segera Hijrah ke Juventus

Terkait Tawuran Pelajar, Kepsek SMKN 2 dan SMAN 4 Kupang Dipanggil DPRD NTT

Akses jalan sangat bagus. Transportasi dari Betun ke PLBN Motamasin atau sebaliknya sangat lancar. Setiap hari ada angkutan pendesaan (Angdes) yang mengangkut penumpang ke kota Kabupaten.

Bagi Anda yang hendak ke Malaka bisa datang melihat panorama PLBN Motamasin dan sekitarnya. Anda juga bisa melihat titik batas negara Indonesia dengan Timor Leste persis di sebuah jembatan.

Jembatan Motamasin tersebut merupakan titik batas Indonesia dan Timor Leste. Jembatan ini dibagi dua yang ditandai dengan dua warna berbeda.

Untuk wilayah Indonesia diberi warna putih sedangkan di wilayah Timor Leste diberi warna kuning. Di ujung jembatan ini dipasang pintu, baik di wilayah Indonesia maupun di Timor Leste.

Hanya Pujian Allegri, Mauro Icardi Jadi Incaran Juventus?

PLBN Motamasi menjadi destinasi wisata baru di Malaka. Meski pengujung yang datang ke lokasi ini tidak dipungut biaya namun ada dampak lain yang dirasakan masyarakat sekitar PLBN, seperti masyarakat yang membuka usaha kios, kantin dan rumah makan.

Petugas PLBN yang ditemui Pos Kupang.Com mengaku, jumlah pengunjung ke PLBN setiap hari mencapai 200 orang. Sedangkan untuk hari raya seperti Natal, Tahun Baru dan Idul Fitri, jumlah pengunjung bisa mencapai ribuan orang.

Bagi Anda yang hendak ke PLBN Motamasin harus mengetahui aturan yang berlaku. Pengujung umum bisa masuk areal PLBN hanya pada jam istirahat yaitu, pukul 11.00-12.00 Wita atau saat jam tutup kantor yakni, pukul 16.00-17.00 Wita. Aturan ini berlaku untuk hari kerja dari Senin sampai Sabtu. Sedangkan hari Minggu dibuka dari pukul 08.00 Wita sampai pukul 17.00 Wita.

Aturan lain ketika masuk areal PLBN adalah menjaga kebersihan, tidak merusak fasilitas dalam areal PLBN, dilarang menyeberang sampai ke wilayah negara tetangga serta mengikuti aturan lain yang disampaikan petugas. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved