Berita Ekonomi Bisnis

Setiap Bulan Pelanggan PLN NTT Bertambah 5 Ribu

Setiap bulan pelanggan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT bertambah sebanyak 4500 sampai 5 ribu pelanggan.

Setiap Bulan Pelanggan PLN NTT Bertambah  5 Ribu
POS-KUPANG.COM/HERMINA PELLO
GM PLN UIW NTT simbolis penyambungan ke pelanggan premium dengan hand scan di hotel Aston Kupang, Senin (18/2/2019) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | KUPANG- Setiap bulan pelanggan PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT bertambah sebanyak 4500  sampai 5 ribu pelanggan.

Demikian Senior Manajer Niaga & PP Andhoko Soeyono dalam acara Multi Stakeholder Forum dan Penandatanganan Surat Perjanjian Jual-Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) Layanan Premium di Hotel Aston Kupang, Senin (18/2/2019). Acara yang digelar dengan tema membangun sinergi berkelanjutan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan kualitas kelistrikan PT PLN persero UP3-UIW NTT.

Andhoko menjelaskan, selama tahun 2018, rata-rata pertumbuhan penggunaan 92 MW, dimana dari sekitar 700 ribu pelanggan industri sebanyak 3 persen, bisnis sekitar lima persen.

GM PLN UIW NTT foto bersama pelanggan premium di hotel Aston Kupang, Senin (18/2/2019)
GM PLN UIW NTT foto bersama pelanggan premium di hotel Aston Kupang, Senin (18/2/2019) (POS-KUPANG.COM/HERMINA PELLO)

Untuk konsumsi, lanjutnya, mengikuti kondisi alam dimana ada triwulan yang penggunaan selalu naik karena cuaca yang panas.

Dia mengatakan, dari sisi pertumbuhan di NTT sedikit melewati teori elastisitas karena pada tahun lalu tingkat pertumbuhan pemakaian 8,4 persen sedangkan teori elastisitas yakni pemakaian listrik sebesar 1,5 kali dari pertumbuhan ekonomi.

Sistem Kelistrikan PLN di Tirosa Surplus 25 MW

Deky Ballo Ganti Lodowyk Fredrik Jadi Komisioner Kota Kupang

Jika dilihat dari sisi segmen maka bisnis dan industri tumbuh di NTT, untuk bisnis mencapai 10 persen yakni jasa hotel, bank, entertaiment dan lainnya , sedangkan industri tumbuh luar biasa yakni 14 persen.

Selain itu, tambah Andhoko, gratik pertumbuhan untuk pelanggan multiguna juga mencapai 15 persen. Menurutnya, pelanggan multiguna adalah pelanggan khusus yang mendapat layanan bisnis sementara proyek berjalan misalnya di Transmart yang menggunakan sekitar 2,7 MW dan setelah proyek selesai maka dengan sendirinya berhenti sebagai pelanggan multiguna.

Mengenai daerah yang pertumbuhan pelanggan listrik cukup tinggi yakni di Labuan Bajo mencapai 20 persen dan Sumba, Atambua dan Lembata. (*)

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved