Nelayan Tambaklorok Semarang Kaget Didatangi Jokowi Tengah Malam, Ini Curhat Mereka

Sejumlah nelayan di Kampung Bahari Tambaklorok, di Kota Semarang, Jawa Tengah menyampaikan keluhan saat Presiden Joko Widodo

Nelayan Tambaklorok Semarang Kaget Didatangi Jokowi Tengah Malam, Ini Curhat Mereka
KOMPAS.com/istimewa
Inspeksi mendadak Jokowi di Kampung Nelayan Tambak Lorok, Semarang, 2 Februari 2019 lalu. 

POS-KUPANG.COM | SEMARANG - Sejumlah nelayan di Kampung Bahari Tambaklorok, di Kota Semarang, Jawa Tengah menyampaikan keluhan saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Tambaklorok, awal Februari 2019 ini.

Hal itu diungkapkan Ketua RW 13 Kampung Tambaklorok, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Ahmad Sueb, saat dikonfirmasi, Senin (18/2/2019) siang.

Dalam kesempatan itu, selain mengecek sarana dan prasarana kampung bahari, Jokowi yang datang malam-malam itu juga berdialog dengan para nelayan setempat.

Hairansyah Nilai Jokowi dan Prabowo Belum Paham Subtansi Reforma Agraria, Simak Penjelasannya

"Pak Jokowi juga dialog dengan nelayan. Ada 1 jam beliau di sini (Tambaklorok)," kata Sueb.

Sueb mengatakan, kedatangan Jokowi tidak disangka sebelumnya. Warga yang kaget kemudian mengerumuni mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

Jimmi Sianto Harap Jangan Jadikan UU Perlindungan Anak untuk Lindungi Siswa Tawuran

Di sela-sela berkeliling melihat suasana kampung bahari itu, Jokowi juga ditemani sejumlah nelayan dan berdialog soal hasil tangkapan laut.

Kepada nelayan, Jokowi bertanya hasil tangkapan ikan apakah banyak atau tidak. Lalu Jokowi bertanya alasan penurunan tangkapan. Para nelayan itu lalu menceritakan masalahnya pada Jokowi, mulai dari alat, hingga lokasi untuk menjemur ikan asin.

Jokowi juga bertanya mengapa di lokasi tersebut tidak digunakan warga untuk menjemur ikan. Warga tidak berani karena jalan masih digunakan sebagai akses masuk ke proyek.

Di akhir pembicaraan, Jokowi ingin agar proyek penataan kampung bahari cepat selesai. Obrolan Jokowi dan nelayan itu juga sempat diunggah dalam postingan di akun Instagram milik warga bernama M Bachrunnajah.

Postingan itu diberi judul Bapak Negara. Sebelumnya, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengaku menyambangi nelayan di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah pada pada tengah malam.

Jokowi mengaku datang bersama sopirnya. Pengakuan itu disampaikan Jokowi saat menjawab pertanyaan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam debat kedua pada Minggu (17/12/2019) malam.

"Saya hampir setiap minggu, setiap bulan, ketemu nelayan, ke kampung nelayan. Bisa tanya ke nelayan di Tambaklorok, Semarang," kata Jokowi.

"Jam 12 malam, tengah malam saya berdua dengan sopir berdua saja ke sana untuk memastikan, bagaimana kondisi nelayan yang benar," tambahnya.

Kedatangan Jokowi secara mendadak itu bahkan dianggap warga sebagai petugas proyek yang ingin mengecek sarana dan prasarana kampung bahari Tambaklorok. (Kompas.com)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved